Fisika UNAIR Ajak Guru dan Siswa Jember Kenal Lebih Dekat dengan Fisika

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pengabdian masyarakat oleh jurusan Fisika Universitas Airlangga mengundang Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika se-kabupaten Jember dan SMA Negeri Pakusari Jember. Acara dilaksanakan Sabtu (17/10/20) secara virtual melalui Zoom dan streaming YouTube. (Dok. Asthesia Dhea)

UNAIR NEWS – Pengabdian masyarakat menjadi salah satu poin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam implementasiannya masyarakat menjadi unsur utama baik masyarakat umum, atau dalam kumpulan-kumpulan tertentu. Salah satunya adalah kelompok belajar yang sering menjadi sasaran baik itu dalam sekolah atau luar sekolah.

Sama halnya dengan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh jurusan Fisika Universitas Airlangga (UNAIR) yang mengundang Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika se-kabupaten Jember dan SMA Negeri Pakusari Jember. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (17/10/20) tersebut berlangsung secara virtual melalui Zoom dan streaming Youtube.

Dalam sambutannya, Prof.  Dr. Moh Yasin, M.Si., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan dalam rangka mempromosikan jurusan Fisika UNAIR. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya tersebut memiliki tiga pokok bahasan, yaitu bahasa pemrograman, definisi material medis dan juga manfaat laser dalam fisika.

“Harapannya dapat mempermudah pemahaman fisika baik untuk bapak atau ibu guru dan siswa sehingga tidak menjadi momok. Lebih luas cakupannya dapat menambah wawasan bagi guru dalam memahamkan siswa dan siswa bisa memantabkan fisika sebagai studi,” tutur dekan baru tersebut.

Selain memberikan materi terkait bidang ilmu yang ada di Fisika, ada juga materi terkait peningkatan kepatuhan kesehatan di wilayah sekolah dalam memutus rantai penularan Covid-19. Materi tersebut diberikan langsung oleh ketua tim gugus depan Covid-19 UNAIR.

Tidak hanya itu, Ahmad Rosidi, S.Pd., M.Pd., selaku ketua MGMP Fisika se-kabupaten Jember menambahkan bahwa kegiatan tersebut memberikan kesempatan belajar langsung dari para pakarnya. Selain itu, lanjutnya, dapat menambah kualitas pendidikan khususnya kegiatan pembelajaran mata pelajaran Fisika di SMA.

Sementara itu, Siswo Suryno, S.Pd., M.Pd., menuturkan bahwa kegiatan tersebut dapt menambah pengayaan ilmu-ilmu dalam rangka menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Adapula terkhusus bagi siswa kegiatan itu bermanfaat menambah pengetahuan dalam pemahaman dan pengenalan bahasa pemrograman yang sebelumnya tidak diajarkan dalam kelas. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu