Yayasan IDH – Akuakultur UNAIR Banyuwangi Adakan Pelatihan untuk Petambak Udang Tradisional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret pelatihan Yayasan IDH - Akuakultur UNAIR Banyuwangi untuk petambak udang tradisional. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Teknik budidaya yang benar dan berkelanjutan serta manajemen keuangan yang baik adalah 2 hal penting yang wajib dimiliki oleh pembudidaya guna meningkatkan produktivitas hasil budidaya. Melihat peluang budidaya udang di Banyuwangi yang potensial untuk dikembangkan, yayasan Inisiatif Dagang Hijau (IDH) bersama dengan program studi Akuakultur PSDKU UNAIR di Banyuwangi mengadakan pelatihan untuk para petambak udang tradisional di Karangrejo Kecamatan Banyuwangi dan Tegalpari Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada selasa (13/10).

Saat ditemui tim UNAIR NEWS Trini Pratiwi yang merupakan petugas program akuakultur yayasan IDH menyampaikan bahwa yayasan IDH mendapatkan peran untuk memberikan akses investasi kepada para petambak udang di Banyuwangi sebagai modal ekskalasi bisnis. Untuk itu para petambak udang diberi pelatihan supaya siap untuk menerima investasi yang akan diberikan.

“Kebetulan, dalam satu konsorsium IDH mendapat peran disektor investasi, untuk itu kita adakan pelatihan ini supaya para petambak udang siap menerima investasi dari kita besok,” tuturnya.

Nantinya, tambah Trini, saat petambak sudah siap pihaknya tidak hanya memberikan investasi secara finansial saja namun juga akan menyediakan perusahaan-perusahaan yang akan menjadi pasarnya. Dalam projek itu, IDH bermitra dengan Akuakultur PSDKU UNAIR di Banyuwangi sebagai eksekutor mulai dari pengorganisasian pelatihan, pembuatan modul, pendampingan dan sebagai trainer. Trini juga menjelaskan bahwa UNAIR nantinya juga diharapkan akan melanjutkan program tersebut pada angkatan-angkatan selanjutnya. 

“Nantinya kami harapkan UNAIR dapat melanjutkan program ini pada angkatan selanjutnya sehingga orientasi jangka panjang dari kegiatan ini tercapai,” harapnya.

Menutup perjumpaanya dengan tim UNAIR NEWS , Trini menyampaikan rencananya pelatihan ini akan diadakan selama 5 hari pada dua tempat berbeda, dimulai dari hari Selasa sampai Sabtu (17/10). Tercatat, acara itu dihadiri 35 petambak udang tradisional dimana pelatihnya adalah 10 petambak udang yang sudah mendapatkan pelatihan oleh IDH dan UNAIR sebelumnya.

“Untuk pelatihan ini trainer-nya berasal dari para petambak yang sudah mengikuti Trainee of Trainer dari IDH dan UNAIR pada pertengahan September lalu, sedangkan materinya secara umum adalah tentang teknis budidaya yang baik dan benar serta literasi keuangan,” pungkasnya.

Penulis: Ivan Syahrial Abidin

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu