Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Akuntansi PSDKU Banyuwangi Berikan Motivasi Tentang Kemandirian Ekonomi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Program Studi Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi kembali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya, namun berbeda dengan tahun sebelumnya.

Kondisi pandemi mengharuskan pengabdian masyarakat dilakukan secara virtual dalam bentuk webinar. Webinar pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 26 September 2020. Kegiatan itu diketuai oleh Rizqy Aiddha Yuniawati, S.A., M.Acc., Ak. dengan tema “Pemberdayaan Perempuan dalam Membangun Kemandirian Ekonomi”.

Webinar tersebut mengundang dua pemateri ahli di bidang kewirausahaan yaitu Dr. Tri Siwi Agustina, S.E.,M.Si selaku dosen Universitas Airlangga dan Indiarti, S.Kep.,Ners selaku pelaku UMKM. Acara berlangsung santai namun tetap serius.

Webinar tersebut dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Dr. Tri Siwi Agustina, S.E.,M.Si. Ia menyampaikan materi mengenai Business Model Canvas, pedoman penentuan arah usaha yang harus dilakukan supaya peserta dapat menghemat sumberdaya baik berupa modal, waktu, dan tenaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usaha.

“Kurangnya kesadaran untuk melakukan perencanaan menjadi kendala ketika kita ingin mendirikan sebuah usaha,” ujar Siwi.

Setelah pemaparan materi, panitia mengisi acara selanjutnya dengan kuis berhadiah. Panitia memberikan ice breaking agar para peserta tidak penat dalam menerima materi. Sesi kedua dengan pemateri Indiarti, S.Kep., Ners menjelaskan cara membentuk mental dan mindset sukses pengusaha perempuan. Ia juga memberikan tips dan trik untuk memulai berbisnis.

“Kunci kita bisa sukses adalah ketika kita beranj bermimpi dan mau mengeksekusi dengan aksi,” ujar Indiarti.

Webinar berlangsung tanpa hambatan hingga akhir acara. Antusiasme dan semangat peserta membuat para panitia merasa bahwa tema yang diusung dapat memberikan dampak yang dapat diterima masyarakat sesuai dengan tujuan kegiatan yaitu pengabdian masyarakat. (*)

Penulis : Agiel Shintia Miftahul Jannah

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu