HIMA Fisioterapi Tingkatkan Kreativitas Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Fakultas Vokasi UNAIR menggelar kegiatan keilmuan bertajuk Pyramis bertemakan “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Acara dilangsungkan secara daring pada Agustus hingga September 2020. Pyramis merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan pada Senin (22/08/2020), Minggu (30/08/2020) dan Jum’at (25/09/2020).

Kegiatan Pyramis kali ini berbentuk pelatihan dan diskusi dengan seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Fisioterapi secara daring. Kali ini Pyramis membahas mengenai bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pyramis 2020 diadakan secara online dan bertujuan untuk mengasah kreativitas mahasiswa Fisioterapi dalam menulis esai. Sejumlah anggota Hima Fisioterapi turut aktif berpartisipasi dalam acara ini.

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat para mahasiswa fisioterapi dalam mengembangkan ilmunya. Pada Senin (22/08/2020) telah dilaksanakan pelatihan dan diskusi online mengenai sistematika penulisan esai ilmiah fisioterapi dengan Estu Meilani, S.Tr.Fis. Estu merupakan seorang mahasiswa S2 Universitas Nasional Malaysia sekaligus alumni Fisioterapi Universitas Airlangga.

“Karena pandemi COVID-19 ini, kami tidak dapat melakukan kegiatan secara offline, dimana yang seharusnya kami dapat mendatangi KONI Surabaya untuk melakukan sebuah penelitian. Jadi, Pyramis kali ini hanya berbentuk pelatihan penulisan esai dan materi Sport Physiotherapy secara online,” ujar Salsa selaku ketua pelaksana pada Senin (22/08/2020).

Dengan tema penulisan esai “Sport Physiotherapy”, Pyramis juga diisi dengan penyampaian materi mengenai “Problematika Fisioterapi di Bidang Olahraga Pada Masa Pandemi” yang disampaikan oleh Cakra Waritsu, S.Ft, Physio. pada Minggu (30/08/2020).

Tidak hanya itu, seluruh mahasiswa Fisioterapi telah membuat esai secara berkelompok. Esai yang telah dibuat akan dipilih tiga terbaik untuk dipresentasikan. Presentasi tiga kelompok esai terbaik dilaksanakan pada Jum’at (25/9/2020). Diharapkan dengan adanya kegiatan Pyramis akan meningkatkan minat dan bakat mahasiswa Fisioterapi dalam bidang karya ilmiah terutama bidang Fisioterapi. (*)

Penulis : Kharisma Kusuma Dewi Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu