Ajak Pelajar Mengenal Radiologi, HIMARO Gelar Lomba Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Techniqal meeting acara yang diselenggarakan pada Sabtu, (05/09/2020) via Google Meet dihadiri seluruh peserta Radfair 2020. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Guna mengembangkan kreativitas pelajar SMA sederajat dan mahasiswa Indonesia di saat pandemi Covid-19, Himpunan Mahasiswa Radiologi (HIMARO) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar lomba Radfair 2020 tingkat nasional. Lomba itu sekaligus memperkenalkan radiologi kepada pelajar Indonesia.

Radfair merupakan acara dari HIMARO yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016, lalu dilaksanakan kembali di tahun 2020. Terdapat perbedaan dari Radfair 2020 dengan Radfair 2016, yaitu pelaksanaan lomba yang dilakukan secara daring, kategori lomba, dan tingkat perlombaan nasional.

Luthfi Septian Darmawan selaku Ketua Pelaksana Radfair 2020 mengungkapkan, terdapat perbedaan antara Radfair 2020 dengan Radfair 2016. Yaitu, pelaksanaan lomba yang dilakukan secara daring, kategori lomba yaitu ada lomba vlog tingkat mahasiswa, lomba esai tingkat mahasiswa dan SMA sederajat, dan lomba poster yang sebelumnya hanya untuk siswa SMA sederajat menjadi tingkat SMA sederajat dan mahasiswa.

“Tingkat perlombaan yang sebelumnya hanya tingkat regional kota Surabaya dan sekitarnya kini menjadi tingkat nasional,” tambah Luthfi.

Luthfi menambahkan, panggilan akrab ketua pelaksana Radfair 2020 tersebut menuturkan bahwa Radfair 2020 mengangkat tema “Karya Cipta Kreatif dan Inovatif dalam Optimalisasi Hasil Citra di bidang Radiologi sebagai bentuk Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan”.

“Tema ini diharapkan para peserta, baik siswa SMA sederajat maupun mahasiswa, dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam berpikir kreatif dan inovatif di bidang radiologi serta dapat mengedukasi kepada masyarakat mengenai radiologi,” tambah mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR itu.

Di akhir acara pengumuman Radfair 2020 terdapat sebuah pesan dan kesan dari pemenang lomba Radfair 2020. “Saya bahagia bisa mengikuti lomba ini dan berkarya saat pandemi ini dan bisa memenangkan lomba kategori poster SMA dan karena lomba ini saya bisa lebih mengenal mengenai radiologi dan radiasi,” ujar Akbar Ario Satrio pemenang Juara I lomba kategori poster SMA.

“Di acara ini, adik-adik kita di SMA turut serta untuk memperkenalkan radiasi di bidang kesehatan itu seperti apa,” ucap Taufiqurrahman Sidqi, S.Si., M.Si. selaku Pembina Himpunan Mahasiwa Radiologi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga saat pengumuman pemenang lomba Radfair 2020  pada Senin (28/09/2020) via live Instagram. (*) Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu