BEM Fakultas Vokasi Wadahi Gagasan Kreatif Pemuda Lewat VOTDEC

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PELAKSANAAN kompetisi debat yang diselenggarakan Minggu (4/10/2020) kemarin. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Rangkaian acara Vocational Idea and Essay Competition (VOTDEC) yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokas Universitas Airlangga kembali digelar. Kali ini, tema yang diusung adalah ‘Indonesia dalam Optimalisasi Potensi Bonus Demografi Tahun 2020-2030’. Kegiatan itu telah terlaksana sejak Minggu (4/10/2020) kemarin.

Berdasarkan penuturan Annisa Maulidya, sejumlah rangkaian kegiatan meramaikan agenda tersebut. Di antaranya adalah kompetisi esai, debat, dan talkshow.

Annisa melanjutkan, seluruh rangkaian acara dilangsungkan secara daring melalui Zoom. Termasuk pelaksanaan kompetisi debat yang telah resmi dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si (25/9/2020) lalu.

“Pendaftarannya (esai dan debat, Red) sudah dibuka sejak tanggal 25 Agustus sampai 29 September kemarin. Alhamdulillah lomba debat sudah terlaksana 4 Oktober kemarin, untuk talkshow masih 8 Oktober nanti sekaligus acara awarding,” ujar Annisa selaku ketua pelaksana VOTDEC.

Annisa menyampaikan bahwa gelaran VOTDEC kali ini menyoroti isu peran pemuda sebagai agent of change. Utamanya menjelang bonus demografi yang tidak lama lagi akan dihadapi bangsa Indonesia. Dia mengatakan, fenomena bonus demografi juga akan menjadi topik bahasan pada penyelenggaraan talkshow VOTDEC kali ini.

Mahasiswa angkatan 2019 itu mengatakan, VOTDEC adalah wadah bagi para pemuda untuk menuangkan gagasannya. critical thinkingnya ditengah pandem “Kami ingin dari sini setidaknya ada hal yang bisa dikontribusikan bagi negara melalui pemikiran-pemikiran kritis peserta,” kata Annisa.

Sementara itu, Dedek Prayudi, BA, Msc selaku Former Policy Research Associate at United Nations Population Fund akan hadir sebagai narasumber di acara talkshow. Hingga kini, peserta dari berbagai penjuru nusantara sangat antusias mengikuti gelaran VOTDEC 2020. Total, terdapat lebih dari 350 peserta yang berpartisipasi.

Annisa berharap, penyelenggaraan VOTDEC 2020 dapat menjadi ladang ilmu bagi para partisipan. “Kami sangat berharap bagi seluruh pemuda di Indonesia untuk terus semangat berkarya walaupun sedang diterjang pandemi,” tandasnya. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).