Sasindo Bina Siswa SD Terampil Tulis Cerpen dan Puisi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SISWA MI di Desa Kemoloko belajar menulis cerpen dan puisi dengan didampingi dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UNAIR. (Foto: Istimewa)
SISWA MI di Desa Kemoloko belajar menulis cerpen dan puisi dengan didampingi dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Ali bin Abi Thalib pernah berkata “Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak”. Ungkapan tersebut selayaknya patut diteladani sebagai motivasi untuk senantiasa berkarya, agar dapat memberi manfaat kepada sesama.

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Airlangga berhasil menyelenggarakan pelatihan menulis kreatif. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring, pada Senin (28/9/2020) ]untuk siswa-siswi Madrasah Ibtida’iyah (MI) Desa Kemloko, Blitar.

Dra. Dwi Handayani, M.Hum, selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan, kegiatan itu bertujuan mengasah kemampuan menulis siswa. Selain itu, karena kondisi sekolah daring, siswa dapat mengisi waktu luang dengan terampil menulis.

“Siswa sangat aktif dan berhasil menerima materi dengan baik. Bahkan ada yang berani maju menunjukkan karyanya,” ungkap Handa yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen prodi Sasindo itu, pada Sabtu (3/10/2020).

Dengan kegiatan tersebut, ia berharap siswa dapat terbiasa menulis dan berkarya. Hal itu, sekaligus juga dapat meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa.

SESI foto bersama setelah pemberian materi. (Foto: Zoom)

Lebih lanjut, kegiatan menulis kreatif puisi dan cerita pendek masih belum pernah dilakukan di kalangan siswa. Karena itu, pihaknya bersama dosen-dosen di Sasindo berinisiatif melakukan kegiatan pengmas pelatihan menulis kreatif.

Materi penulisan terbagi menjadi dua, yakni menulis cerita pendek dan puisi. Sesi penulisan cerita pendek disampaikan Bramantio, S.S., M.Hum, dan penulisan puisi disampaikan Dr. Ida Nurul Chasanah, M.Hum.

“Hasil penulisan cerpen dan puisi dari para siswa akan kami terbitkan sebagai antologi. Hal ini supaya dapat menambah semangat mereka (siswa-siswi, Red) dalam berkarya,” tutur Handa.

Rencananya, pada tanggal 26-28 Oktober 2020 mendatang, dilakukan pemantauan secara langsung. Pihaknya bersama dosen-dosen prodi Sasindo akan melihat perkembangan kemampuan menulis siswa-siswi di MI Desa Kemloko, Blitar.

“Insya’allah pada Desember 2020 ini masa jabatan saya sebagai kepala departemen akan purna. Semoga saja di akhir masa jabatan ini dapat memberi manfaat untuk semua, termasuk Desa Kemloko sebagai desa binaan departemen Sasindo,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti
Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu