Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis UNAIR Gelar Webinar Entrepreneur untuk Maba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana acara COSTAE 2020 yang diselenggarakan oleh HIMA D3 Teknologi Laboratorium Medis UNAIR. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Class of Student Entrepreneur 2020 (COSTAE 2020) kembali digelar oleh HIMA Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) UNAIR pada Sabtu pagi (3/10/2020). Webinar kali ini mengusung tema “Pembentukan Jiwa Entrepreneurship dan Kiat – Kiat Berkiprah di Dunia Bisnis untuk ATLM” dan audiens dari COSTAE 2020 adalah mahasiswa TLM angkatan 2019 dan 2020. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, dengan sesi pertama merupakan seminar entrepreneurship dan sesi kedua diisi oleh sharing alumni.

Materi entrepreneurship pada COSTAE diisi oleh Belgis, S.Si., M.Si, seorang dosen D3 TLM UNAIR. Pemaparan materinya tidak secara spesifik mengarah kepada kaidah-kaidah laboratorium medis, namun ia menjelaskan bahwa bisnis yang dapat menarik banyak anak muda adalah suatu bisnis yang instan, sederhana, dan memiliki daya tarik tersendiri. Selama materinya, alumni Jurusan Kimia UNAIR itu juga memberikan berbagai tips dan trik untuk dapat memulai usaha, seperti dalam pengadaan modal dan arah gerak usaha.

“Selama saya menjalani usaha saya, saya pasti memiliki prinsip yang selalu saya camkan yaitu bahwa entrepreneurship is about connecting the dots,” ujar Belgis di penghujung materinya.

Sesi kedua dari COSTAE 2020 dikonsep seperti mini talkshow untuk sharing alumni dengan Edi Yani Yusuf, S.KM., M.M., sebagai narasumber. Edi, sapaan karibnya, merupakan seorang alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR yang memiliki berbagai bisnis yang ia rintis. Edi menceritakan pengalaman kerjanya bahwa pada semester 5, sebelum ia lulus kuliah, ia sudah mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan tidak tetap di Laboratorium Pramita dan ketika gelar diploma sudah diraih olehnya, ia telah menjadi karyawan tetap.

“Namun setelah saya mendapatkan gelar magister saya dan bertahun-tahun bekerja di Laboratorium Pramita, saya semakin mendapatkan panggilan bahwa saya harus mendirikan usaha sendiri,” cerita Edi.

Pada akhir, Edi mendapatkan keberanian untuk beranjak dari zona nyaman dan mendirikan laboratorium medis sendiri bersama rekan-rekan sejawatnya. Sejak itu, Edi mendapatkan banyak sekali ilmu yang diperlukan untuk dapat merintis banyak usaha yang aktif di luar bidang kesehatan.

Usaha yang telah didirikan oleh Edi salah satunya adalah PT. Media Husada, PT. Surya Abadi Bersama, dan PT. Tri Anugerah Rizky Gemilang. Materi yang dipaparkan olehnya diakhiri dengan tanya jawab oleh audiens dan harapan yang diujarkan Edi terhadap mahasiswa baru Prodi D3 TLM UNAIR agar selalu aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini.

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu