“Kreasi”, Wadah Hima OSI Tingkatkan Prestasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu Tim PKM UNAIR yang lolos ke PIMNAS. Berkat kerjasama semua pihak, antara lain Tim Garuda Sakti. (Foto: Bambang Bes)
Salah satu Tim PKM UNAIR yang lolos ke PIMNAS. Berkat kerjasama semua pihak, antara lain Tim Garuda Sakti. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Banyak jenis perlombaan akademik yang bisa diikuti mahasiswa. Dua di antaranya adalah lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan penyusunan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Namun, masih banyak mahasiswa kebingungan dalam proses penyusunannya.

Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga pun menggelar Kreativitas OSI “Kreasi”. Tepatnya dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Sabtu (3/10/2020).

“Kreasi ini sebagai sarana pengenalan sekaligus pelatihan kepada mahasiswa D3 OSI tentang KTI dan PKM,” kata Beryll Ezra Arachman selaku ketua panitia.

Indira Salma dan Danang Eka dipilih menjadi narasumber. Indira merupakan mahasiswa D3 OSI yang cukup aktif dalam penyusunan KTI. Serta, Danang merupakan anggota Garuda Sakti. Sebuah Badan Otonom UNAIR yang bergerak dalam bidang keilmuan, khususnya PKM dan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi.

“Kreasi” tampaknya memberikan perubahan yang sangat signifikan pada prestasi akademik yang diraih mahasiswa D3 OSI. Terbukti pad 2019 terdapat satu proposal PKM mahasiswa yang berhasil didanai Dikti.

“Acara tahun ini yang kedua dilaksanakan. Tahun lalu juga dilaksanakan, tahun kemarin menghasilkan satu proposal yang lolos pendanaan,” ujar Beryll.

SITUASI “Kreasi” yang dilaksanakan oleh HIMA D3 OSI pada Sabtu (3/10/2020) secara virtual.

Acara yang fokus pada mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 tersebut mendapat respons yang cukup baik. Peserta juga diberikan fasilitas mentoring selama penyusunan KTI atau proposal PKM.

“Nanti akan ada mentoring pembuatan proposal PKM dan KTI. Pihak himpunan akan mendata mahasiswa siapa saja yang ikut serta,” imbuh Beryll.

Dengan “Kreasi”, diharapkan prestasi akademik mahasiswa kian dapat meningkat. “Semoga dengan diadakannya acara ini, mahasiswa D3 OSI dapat meningkatkan prestasinya di bidang akademik melalui perlombaan KTI dan penyusunan PKM,” pungkasnya. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu