Job Fair UNAIR: Sukses Berkarir di Korporasi Ala Human Capital Director PT Pegadaian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Human Capital & Legal Director PT. Pegadaian Moh. Edi Isdwiarto saat memberikan materinya dalam seri webinar job fair UNAIR. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 tidak menghentikan langkah Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan, dan Hubungan Alumni (PPKKHA) UNAIR untuk terus menggelar rangkaian Airlangga Online Career Fair 2020. Digelar via zoom dan live streaming youtube pada Kamis (1/10/2020), Human Capital Director PT. Pegadaian Moh. Edi Isdwiarto hadir untuk mengisi tips dan materi yang bertajuk ‘Sukses Berkarir di Korporasi’.

Dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki 15,4 juta nasabah tersebut, Edi menuturkan bahwa lingkungan kerjanya juga tidak dapat terlepas dari dampak pandemi Covid-19. “Akhirnya, hampir semua lapisan di Pegadaian baik cleaning service sampai manager saya harus beradaptasi dan bersahabat dengan digitalisasi,” kata mantan marketing director Coca-Cola Amatil Indonesia tersebut.

Menurut Edi, terdapat lima perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja PT. Perseroan, di antaranya pergeseran tugas karyawan, perubahan kepemimpinaan dan pola pikir manajemen, budaya transparansi, kepercayaan, dan keterbukaan, individual wellbeing, serta digitalisasi kerja. Selain itu, muncul pula tantangan berat yang Edi tekankan pada pengembangan kemampuan serta percepatan adaptasi teknologi dan digital.

Edi kemudian mengungkapkan terdapat tiga poin penting yang harus diperhatikan pencari kerja untuk dapat beradaptasi dan bertahan dalam situasi kerja tersebut.  Langkah pertama adalah mengidentifikasi aspek apa saja yang dapat dikontrol dalam situasi yang sulit. “Kedua, pantang menyerah dan siap bangkit dari kesalahan atau kegagalan. Terakhir pekerja harus memperhatikan kesehatan tidak hanya mental tapi juga fisik,” paparnya.

Sementara itu, sifat dan sikap yang harus dimiliki pekerja di era Revolusi Industri 4.0 dirangkum Edi dalam beberapa poin dasar, yakni kemampuan problem solving, kreativitas, berpikir kritis, manajemen SDM, kemampuan koordinasi, serta fleksibilitas kognitif.  Apabila menerapkan kapabilitas tersebut, Edi meyakini bahwa peluang kerja akan selalu terbuka dan hadir bagi mereka yang ingin berkarir di ranah korporasi, khususnya PT. Pegadaian.

Dalam yang dihadiri lebih dari 300 peserta tersebut, Prof. Dr. Elly Munadziroh drg., MS. selaku Ketua PPKKHA turut memberikan sambutannya. Prof. Elly sendiri berharap webinar job fair UNAIR tersebut mampu menjadi gudang ilmu dan informasi bagi lulusan UNAIR maupun para pencari kerja di tengah situasi pandemi yang kini tidak menentu.

Penulis: Intang Arifia

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu