Dosen Teknik Vokasi UNAIR Kembangkan Website untuk Peningkatan Peran BUMDes Melalui Pengmas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dosen Teknik Vokasi UNAIR melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan kembangkan website BUMDes. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – (BUMDes) Badan Usaha Milik Desa Berkah Banjarworo adalah sebuah badan usaha yang didirikan Pemerintah Desa Banjarworo, Kabupaten Tuban. Memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Banjarworo khususnya dalam bidang perekonomian serta memajukan usaha mitra. Namun dalam pratiknya, BUMDes dalam memasarkan hasil produksinya masih bersifat tradisional dengan cara berkeliling ke pasar dan toko-toko terdekat sehingga produk hasil UMKM tidak menjangkau seluruh daerah di luar Kabupaten Tuban.

Aji Akbar Firdaus, S.T., M.T., sebagai ketua kegiatan pelaksana pengmas memberikan solusi dari permasalahan tersebut, Dosen Teknik Vokasi UNAIR melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “PKM Internet of Things (IoT) untuk Optimalisasi Peran BUMDes Menuju Kemandirian Ekonomi Kerakyatan di Desa Banjarworo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban”. Langkah awal dilakukan kunjungan dan diskusi kegiatan dengan Kepala Desa Banjarworo dan BUMDes Banjarworo Kabupaten Tuban. Serta merencanakan persiapkan segala bentuk materi pelatihan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini.

Melalui kegiatan tersebut, dosen Teknik Vokasi UNAIR mengembangkan sebuah laman website untuk meningkatkan peran BUMDes sebagai sebagai lembaga yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kegiatan ekonomi masyarakat desa. Menurut Abdul Halim, S.Pd selaku mitra pengmas memberi tanggapan positif dengan dikembangkan laman website tersebut dapat membantu kegiatan BUMDes dalam mempromosikan dan memasarkan hasil produksi dan kegiatan bisnis desa lebih luas secara online.

Dalam penggunaan laman website, Nasa Zata Dina, S.Kom., M.Kom., M.Sc. dan Riky Tri Yunardi, S.T., M.T, sebagai tim pelaksana kegiatan pengmas melakukan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan 25 Agustus 2020 kepada para staf admin BUMDes Berkah Banjarworo. Materi yang disampaikan terkait dengan fitur-fitur yang ada didalam website seperti informasi indikator omzet, invetasi, modal kerja dan mitra. Selain itu juga disampaikan tentang cara mengisi kegiatan bisnis. Seperti pembiayaan alat, transaksi online, penyediaan barang & jasa dan paket wisata, serta diakhiri cara mengunggah gambar-gambar produk hasil UMKM desa.

Dengan staf admin yang sudah terbiasa menggunakan perangkat komputer, kegiatan itu terlaksana dengan lancar dan dukungan penuh dari peserta yang banyak memberikan saran pada desain pengembangan halaman web yang telah dibuat. Dari kegiatan itu diharapkan peran BUMDes dapat semakin optimal untuk Menuju Kemandirian Ekonomi Kerakyatan.

Penulis : Tim Kegiatan Pengmas Vokasi UNAIR

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu