Peningkatan Kualitas Kesehatan Gigi pada Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Global News.co.id

Pendidikan kesehatan anak usia dini sangat penting terutama pada kesehatan gigi dan mulut. Pada dasarnya anak usia dini merupakan masa dimana tumbuh kembang anak akan menjadi lebih aktif dalam bermain dan belajar untuk mengetahui segala hal. Sehingga pendidikan tentang kesehatan gigi sangat perlu diberikan oleh lingkungan sekitar, terutama di lingkungan sekolah. Mengingat bahwa sekolah merupakan tempat anak belajar sekaligus bermain sehingga peran guru adalah sangat penting dalam penanganan masalah kesehatan gigi anak di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa masih rendahnya pengetahuan guru terkait kegawatdaruratan gigi anak usia dini. Sebagaimana diketahui, jika perawatan gigi pada anak salah maka akan menimbulkan sakit gigi. Sehingga dapat mempengaruhi kualitas hidup anak, seperti anak akan mudah rewel dan mengurangi konsentrasi anak dalam belajar.

Hal inilah yang menjadi dasar Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat (IKGM) Fakultas Kedokteran Gigi UNAIR melaksanakan pelatihan dalam bentuk webinar kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini terkait manajemen kesehatan gigi anak. Khususnya pada pengabdian masyarakat ini, tim ingin meningkatkan kualitas kesehatan gigi anak usia dini di lingkungan sekolah.

Salah satu topik yang diambil dalam diskusi ini adalah membahas tentang kegawatdaruratan gigi anak usia dini oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya. Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi dua arah dari peserta dan narasumber. Kemudian berdasarkan evaluasi didapatkan terdapat peningkatan pengetahuan terkait kesehatan dan kegawatdaruratan gigi anak dibandingkan dengan hasil penelitian yang sebelumnya telah dilakukan. 

Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan dalam bentuk webinar yang dilakukan cukup efektif dalam upaya meningkatkan pengetahuan guru terkait peningkatan kualitas kesehatan gigi anak serta kegawatdaruratan gigi pada anak. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih luas terhadap guru akan pentingnya kesehatan gigi anak usia dini terutama di lingkungan sekolah. Sehingga dapat menekan angka kejadian sakit gigi pada anak usia dini.

Penulis: Rezka Ajeng, Syafira Hasnarani, Virna Septianingtyas

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu