Pemanfaatan Website sebagai Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Dini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh gigikeluarga.com

Anak usia dini memiliki sikap aktif dalam bermain dan belajar, dari sikap aktifnya itu tidak hanya memiliki nilai positif tetapi juga nilai negatif. Salah satunya adalah kecelakaan saat anak bermain yang bisa menimbulkan luka dan trauma fisik anak, dan seringnya terjadi pada gigi anak. Sebagian besar anak usia dini menghabiskan waktunya di rumah dan di sekolah, dimana orang tua dan guru bertanggung jawab dalam mengawasi aktifitas anak. Oleh karena itu orang tua dan guru berperan penting dalam kesehatan anak, terutama kesehatan gigi dan mulut.Berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa masih rendahnya pengetahuan orang tua dan guru tentang kesehatan gigi dan mulut anak usia dini.

Sebagaimana diketahui, apabila penanganan pertama oleh orang tua dan guru dalam masalah kesehatan gigi dan mulut kurang tepat maka dapat berdampak buruk pada kondisi anak, dan mempengaruhi dalam aktifitas bermain dan belajar anak. Sebaliknya apabila penanganannya tepat maka akan memberikan hasil yang baik pada kondisi anak.

Hal inilah yang menjadi dasar Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat (IKGM) Universitas Airlangga dalam membuat program pemberdayaan berupa website gigikeluarga.com yang berisi sumber informasi tentang pengelolaan kesehatan gigi dan kondisi kegawatdaruratan pada anak usia dini yang dapat diakses oleh orang tua dan guru secara gratis. Khususnya tujuan dalam pengabdian masyarakat ini, ingin meningkatkan pengetahuan orang tua dan guru dalam pengelolaan kesehatan gigi dan kondisi kegawatdaruratan pada anak usia dini.

Selain launching website gigikeluarga.com, timjuga mengadakan pelatihan berupa sharing session yang dilakukan melalui media zoom dengan pembicara yang ahli dalam bidangnya. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan sharing session ini, terdapat peningkatan pengetahuan terkait kesehatan gigi dan kegawatdaruratan pada anak usia dini.Hal ini menunjukkan bahwa adanya website gigikeluarga.comserta sharing session yang dilakukan, cukup efektif dalam upaya meningkatkan pengetahuan orang tua dan guru terkait edukasipengelolaan kesehatan gigi serta kegawatdaruratananakusia dini. Diharapkan dengan adanya website ini,akan menjadi sumber informasi yang akurat dan mudah dipahami bagi orang tua dan guru.

Penulis: Rezka Ajeng, Syafira Hasnarani, Virna Septianingtyas

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu