HIMA D3 SI Beri Fasilitas Coaching of PKM bagi Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA Coaching of PKM yang diadakan D3 SI FV UNAIR pada Minggu (27/9/2020).
SUASANA Coaching of PKM yang diadakan D3 SI FV UNAIR pada Minggu (27/9/2020).

UNAIR NEWS – Semua mahasiswa pasti mengenal Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasionl (PIMNAS). Tidak hanya sebagai perlombaan, tapi PIMNAS bisa mempertemukan seluruh mahasiswa dari penjuru Indonesia. Namun, untuk mengikuti PIMNAS, mahasiswa diwajibkan untuk membuat Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Berbagai macam jenis PKM bisa dipilih mahasiswa sesuai dengan minatnya antara lain PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-KC, PKM-AI, PKM-GT, hingga PKM-GFK. Dalam pembuatan proposal inilah mahasiswa dituntut untuk membuat ide yang kreatif serta inovatif. Sayangnya menuangkan sebuah ide ke dalam proposal bagi sebagian mahasiswa tidaklah mudah.

Karena itu, Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Sistem Informasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Coaching of PKM. Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 26 dan 27 September 2020. “Kami ingin membantu mahasiswa baru untuk mengenal PKM,” ujar Farahdila Udwi Prawita selaku ketua pelaksana.

“Acara ini sudah diagendakan lama, harusnya diadakan langsung ya tatap muka. Tapi, karena pandemi akhirnya kami tetap beri mereka pelatihan serta pendampingan secara virtual,” imbuhnya.

Acara tersebut tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa baru, tapi juga semua kalangan mahasiswa D3 SI yang ingin mengajukan proposal PKM. “Acaranya untuk internal saja. Tapi, tidak dikhususkan untuk maba D3 SI. Mahasiswa yang ingin membuat PKM lagi dipersilahkan ikut juga,” ucapnya.

Sementara itu, Halfie Zaqiyah yang merupakan mahasiswa Fakultas Keperawatan UNAIR turut dihadirkan sebagai narasumber. Ia pernah mendapat medali emas dalam ajang PIMNAS 32 dengan PKM Pengabdian Masyarakat miliknya.

“Hari pertama acaranya hanya menyampaikan tentang PKM secara umum sebagai tahap pengenalan. Lalu, hari kedua dibahas lebih mendalam lagi perihal teknik kepenulisan dalam penyusunan PKM,” kata Farah.

Dengan acara tersebut, diharapkan banyak proposal mahasiswa D3 SI yang bisa didanai dan bisa melaju ke ajang PIMNAS. “Semoga ini bisa membantu mahasiswa D3 SI semuanya, bagi yang ingin mengajukan proposal PKM. Tentu diharapkan juga banyak PKM dari kami yang lolos untuk didanai dan bisa tampil di ajang PIMNAS,” pungkasnya. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu