Adakan Cooking Class, Prodi S1 Gizi Undang Top 5 Master Chef Season 2

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Adakan Cooking Class, Prodi S1 Gizi Undang Top 5 Master Chef Season 2

UNAIR NEWS – Program Studi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan cooking class bertajuk Menjadi Entrepreneur Baru di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru pada Minggu (27/9/2020). Kegiatan cooking class itu merupakan program tahunan yang biasa diadakan oleh S1 Gizi FKM UNAIR. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini cooking class diadakan secara online melalui media Zoom.

Kelas memasak tersebut menghadirkan Chef Bagus, yang merupakan Top 5 Master Chef Indonesia Season 2. Terdapat dua menu yang diajarkan oleh Chef Bagus kepada peserta. Yaitu Creamy Coffee Regal Desert Box dan Crispy Taco Salad with Mexican Sauce.

Disela-sela memasak, Chef Bagus juga berbagi beberapa tips untuk peserta yang ingin menjadi entrepreneur di bidang makanan atau yang ingin menjadi chef. Salah satunya adalah, jika ingin menjadi chef hebat maka indra perasa harus kuat. “Selain indra perasa kuat, juga harus kreatif,” lanjutnya.

Saat memasak, ketika membuat kesalahan maka peserta harus pintar mencari solusinya. Sebagai contoh, ketika memasak nasi goreng kemudian keasinan, solusinya maka perlu ditambah nasi.

Kemudian dalam memulai berwirausaha, peserta juga perlu untuk mencari pasar terlebih dulu. Jangan sampai menyasar pasar yang terlalu tinggi, namun tidak ada yang beli. Selain itu, peserta juga perlu pintar-pintar mencari rasa yang disukai oleh pasar.

“Kalau modal untuk memulai usaha adalah nekat. Jangan memikirkan modal uang terlebih dulu karena nantinya bisa tidak jadi memulai usaha, tapi modal niat dulu,” terang Chef Bagus.

Menghadapi era saat ini dimana persaingan yang sangat ketat, maka juga perlu mencari cara agar produk yang dijual tidak kalah saing. Maka dari itu, perlu kreatifitas dan ciri khas.

“Kalau kita tidak kreatif pasti ketinggalan apalagi di era sekarang, persaingan ketat,” ucapnya.

Chef Bagus juga memberikan ide bisnis makanan yang dirasa akan laris ketika masa pandemi saat ini. Yaitu frozen food dengan bahan ayam. Seperti ayam bumbu rujak, ayam ungkep, ayam bumbu kuning dan sebagainya. Selain itu juga bisa menawarkan jasa masak untuk satu keluarga dengan memperhatikan protokol kesehatan. Mengingat, saat ini masyarakat dihimbau untuk jaga jarak dan tidak sedikit yang ragu untuk pergi ke pasar.

Mahmud Aditya Rifqi, S.Gz., M.Si., selaku sekretaris departemen gizi FKM UNAIR berharap dengan diadakannya cooking class dapat membantu peserta untuk mendapatkan ide bisnis di tengah pandemi. Terutama ide bisnis di bidang makanan.

“Masa pandemi bisa menjadi peluang bagi kita untuk menjadi entrepreneur terutama di bidang produk makanan. Sehingga kami berharap webinar ini bisa memberikan peluang bagi kita semua untuk belaajr pada ahlinya,” pungkas dosen yang akrab disapa Mahmud tersebut. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).