Bangun Kreatifitas Mahasiswa, HIMA D3 Perpustakaan UNAIR Gelar Webinar Jurnalistik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PESERTA webinar ketika mengikuti acara pada Sabtu (19/09/20) melalui aplikasi zoom meeting. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Perpustakaan, Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR), sukses menggelar webinar dan pelatihan jurnalistik pada Sabtu (19/09/20). Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yang terdiri atas Hadi Winarto Eden (tim koordinator redaksi liputan gabungan Media Grup Nwes, Metro TV, Medcom.id) dan Intang Arifia (salah satu kontributor berita di UNAIR NEWS).

Mengusung tema “Membangun Kreatifitas Jurnalistik di Kalangan Milenial Ditengah Pandemi”, diharapkan peserta webinar dapat meningkatkan kreatifitasnya dalam ilmu jurnalistik. Selain itu, ketua panitia acara yang akrab dipanggil Sekar mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya webinar tersebut agar generasi muda mendapatkan wawasan dan bimbingan dalam menulis berita aktual.

“Tujuannya supaya masyarakat khususnya generasi muda bisa menambah wawasan mereka mengenai ilmu jurnalistik, selain itu agar generasi muda mendapat bimbingan dalam menulis berita,” ucap mahasiswa angkatan 2019 itu.

Dipandu oleh Hanifa Azzahra Putri, webinar itu berlangsung selama dua jam dari pukul sepuluh hingga pukul dua belas siang melalui aplikasi zoom meeting. Acara tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa saja, masyarakat umum juga diperkenankan untuk bergabung.

“Tidak hanya mahasiswa D3 Perpustakaan, masyarakat juga bisa ikut karena memang acaranya dibuka untuk umum,” tambah Sekar.

Lebih lanjut, Sekar mengatakan jika acara webinar tersebut merupakan program tahunan dan setiap tahunnya berfokus pada tema-tema yang berbeda. Misalnya, pada tahun 2018 mengenai kepenulisan dan tahun 2019 mengenai design juga video.

“Tahun 2018 ada seminar serta pelatihanmenulis dan tahun 2019 ada seminar serta pelatihan dalam bidang design juga video,” ceritanya.

Sama seperti webinar pada umumnya, kendala yang sering terjadi pada pelaksanaan acara secara online adalah masalah sinyal. Sekar mengutarakan selama acara berlangsung banyak peserta yang keluar masuk room zoom karena gangguan koneksi yang tidak stabil.

Sekar berharap dengan adanya webinar jurnalistik tersebut, peserta bisa mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat. Sehingga, peserta dapat menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga ilmu yang didapatkan oleh para peserta bisa diterapkan dalam kehidupan mereka,” tutupnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu