Potensi Biota Laut Spons untuk Pengobatan Penyakit Kanker

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Calphotos.berkeley.edu

Spons atau yg dikenal dengan nama bunga karang adalah suatu hewan laut berpori yang hidup di dasar laut. Biota laut yang satu ini tergolong unik, dikelompokkan sebagai hewan namun tidak bisa bergerak bebas seperti hewan laut lainnya, oleh karena itu biota laut ini dipercaya dapat menghasilkan berbagai macam senyawa kimia sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap predator di laut. Senyawa kimia yang dihasilkan oleh spons ternyata bermanfaat dalam pengobatan berbagai penyakit.

Salah satu manfaat spons yang saat ini kami telusuri adalah untuk pengobatan penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak setelah penyakit kardiovaskuler. Dengan insidensi kanker yang mencapai 18,1 juta kasus di tahun 2018, jumlah penderita kanker diperkirakan akan terus meningkat hingga 29,5 juta kasus di tahun 2040. Pada wanita, kanker payudara merupakan kanker yang paling sering didiagnosis dan merupakan penyebab utama kematian, diikuti dengan kanker serviks.

Hasil penelitian yang kami lakukan terhadap tiga spesies spons yaitu Diacarnus debeauforti, Haliclona amboinensi, dan Agelas cavernosa yang diambil dari perairan sekitar Pulau Barang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa ketiga spons dapat menghambat sel kanker rahim Hela dan sel kanker payudara T47D pada pengujian secara invitro. Potensi paling baik terhadap sel kanker rahim ditunjukkan oleh Diacarnus debeauforti, sedangkan terhadap sel kanker payudara adalah Agelas cavernosa.

Penulis: Suciati and Lusiana Arifianti
Informasi detail dari tulisan ini dapat dilihat pada: https://www.dujps.com/index.php/recent-issue

(In vitro Anticancer Activity of Marine Sponges Against T47D and HeLa Cell Lines)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu