Rektor Tekankan Nilai Excellence with Morality dan Semangat Belajar di Tengah Pandemi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof. Nasih saat proses pengukuhan Maba S1 dan Vokasi Sesi II. (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali melakukan Pengukuhan Mahasiswa Baru Jenjang S1 dan Vokasi untuk Sesi II. Dilangsungkan secara daring via zoom, rektor bersama jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Airlangga, mengukuhkan mahasiswa baru di Ruang 301 Gedung Kahuripan Kampus C UNAIR pada Kamis (10/9).

Dalam kesempatan itu, Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih mengajak seluruh mahasiswa baru untuk mensyukuri karunia Tuhan berupa kesehatan. Tidak hanya itu, Prof. Nasih juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru atas capaiannya menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Airlangga.

“Menjadi bagian dari UNAIR, bukan sebuah paksaan. Menjadi mahasiswa UNAIR adalah pilihan secara sungguh-sungguh. Oleh karena itu, ada konsekuensi yang harus dipenuhi oleh mahasiswa UNAIR. Salah satunya dengan mengikuti proses pendidikan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai seenaknya dan melanggar prosedur yang telah ditentukan,” ungkap Prof. Nasih.

Selanjutnya, Prof. Nasih juga menegaskan agar mahasiswa bisa menanamkan nilai Excellence with Morality. Salah satu bentuk implementasi dari nilai tersebut adalah menekankan aspek moralitas dalam melaksanakan proses pendidikan. Hal itu, tandasnya, juga harus didorong menjadi sumber daya yang excellent dalam banyak bidang.

“Tidak lupa mahasiswa juga harus mampu menghidupkan iklim akademik yang kuat dan memiliki orientasi pada target-target yang jelas,” ujar Prof. Nasih.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Prof. Nasih juga mengingatkan akan pentingnya memperhatikan proses dan capaian akademik tiap semesternya. Nilai dan capaian SKS misalnya. Menurut Prof. Nasih mahasiswa harus mencapai jumlah SKS dan nilai yang telah ditentukan.

“Jangan sampai lupa dengan hal ini, sehingga bisa menganggu proses pendidikan anda. Kalau abai, bisa saja anda lulus telat atau bahkan dikeluarkan,” tandasnya.

Pada akhir, Prof. Nasih mengulas tentang nilai HEBAT dan menyinggung perihal posisi UNAIR yang ada di tengah kota Surabaya. Sebagai kota Pahlawan, tambahnya, Prof. Nasih mengajak mahasiswa agar memiliki semangat kepahlawanan dalam menempuh pendidikan.

“Menjadi mahasiswa UNAIR harus lincah agar kita bisa memenangkan persaingan global. Mari mejadi mahasiswa yang HEBAT agar semangat dan perjuangan kita dalam menempuh pendidikan ini bisa mendapatkan rido Tuhan dan tentu mencapai keberhasilan,” paparnya.

Perihal kondisi pandemi, Prof. Nasih juga menekankan bahwa perkuliahan untuk sementara dilangsungkan secara online. Meski, pihaknya juga berharap kondisi pandemi bisa segera usai dan pembelajaran secara normal bisa dilakukan seperti sebelum-sebelumnya.

“Untuk itu, kita nikmati dulu proses pembelajaran di tengah pandemi ini. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan selalu gunakan masker dimanapun berada,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).