Lakukan Orientasi Daring, SEHAT 2020 Tanamkan Nilai Semangat Partisipasi Pada Mahasiswa Baru FKM

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MAHASISWA baru ketika mengikuti serangkaian kegiatan orientasi SEHAT 2020 pada Jumat-Sabtu (04-05/09/2020). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – ­Memasuki tahun ajaran baru berbagai kegiatan perkuliahan kembali dilaksanakan, salah satu kegiatan yang tidak asing lagi adalah orientasi mahasiswa baru. Dalam kondisi pandemi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) menyambut mahasiswa baru dengan melaksanakan orientasi secara daring atau online.

Kegiatan orientasi FKM yang lebih dikenal dengan SEHAT (Semarak Orientasi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) sukses dilaksanakan selama dua hari pada Jumat-Sabtu (04-05/09/2020) melalui aplikasi zoom meeting. Kurang lebih 430 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan mandiri mengikuti kegiatan orientasi tersebut dari rumah mereka masing-masing.

Nur Sahila, Ketua SEHAT 2020 mengatakan bahwa kesuksesan kegiatan orientasi tidak lepas dari kerja sama seluruh panitia serta bantuan pihak Dekanat. Ia mengungkapkan jika koneksi internet menjadi kendala terbesar ketika pelaksanaan orientasi mahasiswa baru.

“Kalau kendala saat kegiatan kebanyakan diakibatkan oleh koneksi yang tidak stabil, baik dari panitia maupun mahasiswa baru,” ucap Hila, panggilan akrab ketua SEHAT 2020 itu.

Mengusung tagline “Semangat Partisipasi, Bersama Bersinergi, Bangun Generasi Bermoral Tinggi”, diharapkan melalui SEHAT 2020 mahasiswa baru dapat membawa nilai-nilai positif seperti aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam dunia perkuliahan. Walau disampaikan secara online, Hila yakin nilai-nilai itu dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa baru.

“Kami (panitia orientasi, Red) mengusahakan agar nilai-nilai positif yang ingin kami kenalkan dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa baru,” tambahnya.

Sebagai seorang ketua, Hila sempat merasa ragu karena pelaksanaan orientasi mahasiswa baru secara online merupakan kali pertama dalam sejarah. Namun, berkat dukungan berbagai pihak, Hila menjadi optimis dan tetap berani melangkah dalam mengambil keputusan. 

“Awalnya sempat ragu, apakah bisa SEHAT dilaksanakan online. Beberapa kali juga takut kalau semisal SEHAT ditiadakan,” tutur mahasiswi angkatan 2018 tersebut.

Sebagai penutup, Hila berharap dengan adanya kegiatan SEHAT 2020, mahasiswa baru memiliki gambaran mengenai dunia perkuliahan dan dapat mengenal FKM lebih baik. Ia juga berharap agar nilai-nilai atau budaya baik yang ada di FKM dapat diterapkan oleh mahasiswa baru.

“Pastinya semoga mereka (mahasiswa baru, Red) bisa mengenal FKM dengan baik, sehingga muncul sense of belonging buat FKM dan yang pasti semoga nilai-nilai dan budaya baik yang ada di FKM bisa mereka lanjutkan. Terakhir, semoga betah di FKM,” pungkasnya ketika diwawancarai oleh tim UNAIR NEWS pada Senin (07/09/2020). (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu