Bahas Tuntas Perkuliahan 2020/2021 Lewat “NGOPI Bersama CIKA”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh B-PHA PSDKU UNAIR Banyuwangi

UNAIR NEWS – Beberapa hari lagi, perkuliahan semester ganjil 2020/2021 akan dilaksanakan. Para Dosen sibuk mencari yang terbaik dalam menyususn sistem perkuliahan. Mahasiswa bertanya-tanya bagaimana putusan kebijakan tentang perkuliahan di awal tahun ajaran baru. Kebijakan sistem perkuliahan apa yang akan dijalankan. B-PHA UNAIR, Hima Kesmas Banyuwangi Public Health Assosiation (B-PHA), himpunan mahasiswa Kesehatan Masyarakat PSDKU Banyuwangi menjawabnya melalui “NGOPI Bersama CIKA”

Ngobrol Pintar Bersama Civitas Akademi atau dikenal dengan NGOPI Bersama CIKA merupakan ajang sosialisasi terkait perkuliahan semester ganjil 2020/2021 dan evaluasi perkuliahan selama daring dari dosen dan mahasiswa. Kegiatan telah terlaksana dengan sukses pada Rabu, 02 September 2020 melalui platform zoom. Kegiatan yang bernarasumber KPS Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Banyuwangi, dan Satuan Penjaminan Mutu (SPM), menghasilkan beberapa hal yang dapat dirangkum sebagai berikut:

Model Pelaksanaan

Pelaksanaan kuliah dapat dilakukan secara daring, luring maupun blended. Namun, untuk Prodi Kesehatan Masyarakat Banyuwangi mengutamakan pelaksanaan secara daring. “Karena kasus di Banyuwangi mengalami peningkatan yang cukup besar, maka sepertinya pelaksanaan perkuliahan diutamakan dilakukan secara daring,” ujar Bu Septa Indra Puspikawati, S.K.M., M.PH selaku SPM.

Metode Perkuliahan

Metode perkuliahan dapat dilakukan melalui E-Learning UNAIR, Airlangga E-Learning in Mobile Application (ALMA), Massive Open Onlie Course (MOOC) UNAIR, Edu Zoom UNAIR, Google Meet maupun WhatsApp. “Ada beberapa pilihan metode perkuliahan yang dapat dilakukan, nanti disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Dosen pengajarnya maupun Mahasiswanya,” terang Bapak Dr. Mohammad Zainal Fatah, Drs. M.S., M.Kes., selaku KPS Kesmas Banyuwangi 

Pelaksanaan Praktikum

Praktikum untuk mahasiswa Kesmas dapat dilakuan degan simulasi video conferencing atau video tutorial dan mahasiswa mendokumentasikan video. Hal tersebut dilakukan karena bidang kesehatan masyarakat berbeda dengan bidang lain, salah satunya kedokteran hewan yang benar-benar harus bersentuhan dengan objek yang diteliti.

Pelaksanaan Bimbingan

Bagi mahasiswa yang akan melakukan bimbingan skripsi atau tugas akhir lainnya dapat dilakukan dengan daring. Selain itu juga dapat dilakukan secara luring, dengan catatan memegang izin KPS.

Pelaksanaan Ujian

Seperti halnya semester lalu, pelaksanaa Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) akan dilaksanakan secara daring yang tentunya tetap dengan pengawasan ketat.

Selain pemaparan dari narasumber, kegiatan semakin terlihat antusias ketika sesi penyampaian aspirasi dan keluh kesah dari Mahasiswa, Dosen hingga Tenaga Kependidikan (Tendik). Agar kegiatan dapat berjalan dua arah, panitia juga mengadakan sesi taya jawab.

Saat di hubungi tim UNAIR NEWS pada Kamis (03/09), Mochamad Nur Mahyail, ketua pelaksana, berharap agar apa yang ingin disampaikan Mahasiswa, Dosen dan Tendik dapat tersampaikan serta menjadi titik temu untuk perbaikan perkuliahan semester depan.

“Semoga pertanyaan, keluh kesah dan aspirasi Mahasiswa, Dosen dan Tendik terkait perkuliahan online semester depan bisa terjawab, sehingga semuanya siap dalam menjalankannya dan juga dapat terwujud pembelajaran online yang lebih baik di semester depan,” ujar Mahasiswa yang akrab di panggil Yail. (*)

Penulis: Rista Novianti
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).