Kali Pertama, UNAIR Kukuhkan Mahasiswa Baru Secara Online

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Seremoni penyematan almamater oleh Rektor UNAIR kepada salah satu perwakilan mahasiswa baru. (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS – Prosesi pengukuhan mahasiswa Universitas Airlangga tahun ini berjalan tak seperti biasanya. Karena pandemi, untuk kali pertama, pengukuhan sebanyak 6.875 mahasiswa baru dilakukan secara daring atau online.

Rektor Universitas Airlangga Prof Moh Nasih mengukuhkan mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma tersebut pada Selasa (1/9/2020). Mereka adalah mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021.

Sebanyak 6.875 mahasiswa baru yang dikukuhkan pada Batch 1 berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antara yang terjauh adalah dari Banda Aceh, Tarakan, Ternate, Jayapura, Kepulauan Sitaro, dan Belu.

Rektor UNAIR mengatakan, kapasitas penerimaan mahasiswa baru UNAIR untuk tahun 2020 ini adalah 7.225. Semua kapasitas tersebut akan diisi dengan penuh melalui Batch 2.

“Ada 1.126 mahasiswa adalah pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K),” ucap Rektor.

Tahun 2020 ini, kuota KIP-K UNAIR mencapai 1.400 mahasiswa. Penerimaan KIP-K terbesar tahun berasal dari jalur Mandiri yang mencapai lebih dari 500 mahasiswa.

Di antara mahasiswa yang dikukuhkan tersebut, Gusti Bazilia Callysta Dzakwan menjadi mahasiswa baru termuda dengan usia 15 tahun. Gadis kelahiran 5 Januari 2005 tersebut diterima pada program studi Sastra inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Mahasiswa baru dikukuhkan secara online pada Selasa (1/9/2020). (Foto: Agus Irwanto)

Untuk prodi D3 Keperawatan yang ada di Gresik dan Lamongan, 99 persen adalah pemegang KIP-K. Rektor mengatakan bahwa ini adalah bagian dari upaya memberikan kesempatan kepada siswa-siswi terbaik untuk bisa kuliah di UNAIR.

Sementara itu, untuk mahasiswa yang belum melakukan daftar ulang karena alasan keuangan, UNAIR memberikan kesempatan perpanjangan daftar ulang.

“Kami berharap orang tua dan mahasiswa yang punya kesulitan apapun untuk berkomunikasi dengan kami. Nanti akan kami fasilitasi,” ujar Rektor.

Pada pengukuhan mahasiswa baru tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto hadir secara online memberikan sambutan. Airlangga Hartarto memberikan pesan kepada mahasiswa baru untuk memulai hidup mandiri.

Dalam kesempatan itu Airlagga Hartarto memberikan pesan agar mahasiswa baru mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karena dari kegiatan itu akan mengasah softskill mereka.

“Untuk adik-adik mahasiswa, masa-masa awal perkuliahan adalah masa transisi. Kondisi perkuliahan akan jauh berbeda dengan saat di bangku SMA. Maka adik-adik harus mandiri,” ujarnya.

Airlangga Hartarto juga memberikan pesan dan semangat karena perjuangan saat ini lebih berat karena kita sedang mengalami pandemi. Virus Corona yang belum ada vaksinnya memaksa kita harus berkegiatan perkulihan secara daring. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu