Hobi Menulis, 2 Mahasiswa FK Terbitkan Buku Antologi Kesehatan dan Edukasi Reproduksi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rima Wirenviona dan Anak Agung Istri Dalem Cinthya Riris bersama buku yang mereka tulis. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Berawal dari hobi menulis, Rima Wirenviona dan Anak Agung Istri Dalem Cinthya Riris, mahasiswa S2 Ilmu Kesehatan Reproduksi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menerbitkan dua buku bertema kesehatan. Buku pertama yang mereka buat berjudul Antologi Pantun Kesehatan untuk Anak Usia Sekolah yang terbit di tahun 2018. Sementara buku kedua yang terbit di tahun 2020, berjudul Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Sebelum berhasil menelurkan dua karya tersebut, Rima dan Riris awalnya hanyalah teman seperkuliahan yang memiliki hobi yang sama, yakni kepenulisan. “Karena sering ikut banyak kegiatan kepenulisan bersama, akhirnya tertarik untuk membuat buku. Tentunya yang bertema kesehatan, sesuai dengan bidang yang kami tempuh,” ungkap Rima.

Saat menulis buku pertama, Rima bercerita bahwa mereka berdua melihat kesehatan fisik bagi anak-anak merupakan hal yang vital untuk membentuk kesehatan masyarakat di masa depan. Oleh karena itu, salah satu cara yang mereka gunakan untuk dapat membagikan informasi kesehatan secara efektif kepada anak adalah melalui pantun.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Mediaguru tersebut, terdapat kumpulan pantun-pantun yang berisi pengetahuan kesehatan sederhana seperti kebersihan diri, cara mencegah penyakit, hingga manfaat sayur dan buah. Rima sendiri juga mengungkapkan bahwa buku mereka menjadi salah satu terobosan buku kesehatan anak-anak.

Buku Antologi Pantun Kesehatan untuk Anak Usia Sekolah yang diterbitkan Mediaguru. (Dok. Pribadi)

“Sejauh ini kami belum menemukan buku pantun kesehatan sejenis di situs perpusnas. Kami yakin terobosan ini mampu membentuk midset dan pengetahuan anak tentang kesehatan dengan cara yang mudah dan menghibur,” ujarnya.

Sementara itu pada buku kedua yang diterbitkan oleh Airlangga University Press (AUP), mereka ingin menyoroti masalah kesehatan reproduksi remaja yang seringkali diabaikan dan kurang disosialisasikan oleh orang-orang terdekat. Oleh karena itu, buku tersebut ditujukan tidak hanya untuk mewujudkan kesehatan reproduksi remaja, akan tetapi juga mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas. 

Buku Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja yang diterbitkan Airlangga University Press. (Dok. Pribadi)

“Kami mencoba mengangkat isu-isu terkini seputar kesehatan reproduksi, pornografi, NAPZA, mestruasi, dan lain-lain. Hasil penelitiannya pun benar-benar up to date. Kami juga mengupas fakta dan mitos terkait reproduksi serta bagaimana peran orang tua dalam membimbing anak agar terhindar dari perilaku berisiko,” kata Riris yang menghabiskan 1,5 tahun untuk menyelesaikan buku tersebut.

Melalui kerja keras selama dua tahun tersebut, Rima dan Riris benar-benar berharap kedua buku mereka dapat menjadi rujukan dan pedoman informasi kesehatan bagi semua golongan. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan buku tersebut, mereka dapat memesan secara pribadi kepada penulis atau membeli ebook melalui via google book.

Penulis: Intang Arifia

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).