Pakar FEB UNAIR Bahas Sisi Gelap Manajemen

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Tri Siwi Agustina., M.Si saat menjelaskan sisi gelap Human Resources pada Webinar FEB UNAR, Jumat (14/08/2020). (Foto : Dimar Herfano)

UNAIR NEWS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) menggelar webinar pada Jumat (14/08/2020) melalui media Zoom. Webinar dengan tema “The Dark Side in Management Practice for Research Project” terbagi menjadi dua sesi diskusi, “The Dark Side From Financial & Management Accounting Sides” dan “The Dark Side From Functional Management Sides”.

Pemaparan topik “The Dark Side From Functional Management Sides” atau melihat sisi gelap dari manajemen fungsional disampaikan oleh dosen Manajemen FEB UNAIR yaitu Dr. Gancar Candra Premananto, M.Si., CMA; Dr. Tri Siwi Agustina., M.Si.; T. Aria Auliandri, M.Sc; dan Dr. Fitri Ismiyati, M.Si.

Tri Siwi mengawali materi dengan menjelaskan sisi gelap dari Human Capital (HC, Manajemen SDM). Sebelum menyinggung judul tersebut, Siwi menjelaskan ruang lingkup human resources secara umum lalu mencari celah untuk melihat sisi gelapnya.

Dalam penelitian HC terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Psychological, Physical, dan Social. Dari dimensi Psychological, membahas tentang Psychological Tentang kepuasan karyawan terhadap pekerjaan dan kehidupannya, hilangnya komitmen afeksi, dan normatif. Sisi Physical berhubungan dengan penyebab stres dan dampaknya.

“Penyebabnya bisa role overload, intens pekerjaan dan konflik keluarga. Contoh dalam masalah tersebut adalah Work From Home, pekerjaan yang dikerjakan di kantor menjadi satu dengan pekerjaan rumah,” papar Siwi.

Lalu dilanjut oleh T. Aria Auliandri, M,Sc yang memaparkan di balik suksesnya perusahaan terbesar di dunia ternyata memiliki produksi plastik yang tinggi dan berdampak terhadap kerusakaan lingkungan. Contoh perusahaan di Indonesia yang ramah lingkungan dan saat ini sukses adalah Teh Botol Sosro.

“Sampai sekarang mereka memproduksi menggunakan gelas botol, mereka concern terhadap ramah lingkungan, dan sampai sekarang pertumbuhan ekonomi Teh Botol Sosro masih berkembang,” ujar Aria.

Materi ketiga mengupas sisi gelap Manajemen Fungsional dari sudut pandang Finance oleh Dr. Fitri Ismiyanti, M.Si. Ia memaparkan beragam topik penelitian dari isu yang sedang memanas di Capital Market, Corporate Finance, Financial Institution, dan Behavior Finance. Beberapa kasus seperti memberi konten ke investor, kebijakan dividen pada perusahaan yang dituduh melakukan kecurangan akuntansi, suap perusahaan, dan efek framing,

“Pengelolaan keuangan, perusahaan cenderung menggunakan hutang, hutang merupakan cerminan dari financial institusi,” ucap Fitri.

Materi terakhir yang menyinggung sisi gelap dari marketing disampaikan Dr. Gancar Candra Premananto, M.Si., CMA,. Beberapa konsep marketing seperti green marketing, green washing, fake green marketing, dan black ocean.

“Ada satu konsep lagi, black ocean. Praktisi bisnis bisa melakukan aktivitas black magic, ini area yang jarang didiskusikan, melakukan hipotesis terhadap tenaga penjualan, menggunakan kata-kata agar bisa memanipulasi pembeli,” ujar Gancar.

Gancar mengilustrasikan seperti tempat wisata, jika dalam bentuk foto wisata bagus, realitanya tidak. “Advertising vs reality, something that very good, but in reality is different,” tutur Gancar. (*)

Penulis : R. Dimar Herfano Akbar

Editor   : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).