D3 OSI Gelar Wokrshop Aplikasi Otomatisasi Desain Skrip Elektronik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan Workshop oleh Departemen OSI UNAIR. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Dalam mengisi waktu luang, mahasiswa dan mahasiswi D3 Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) menyelenggarakan kegiatan berbagi ilmu dalam ruang daring yang dikemas dalam bentuk workshop. Kegiatan bertajuk Otomasi Sistem Instrumentasi Planning, Teachig and Glory (OSILATOR) diselenggarakan dengan mengundang Beryl Erza dan Kurnia Wijaya angakatan 18 D3 OSI. Tepatnya dilaksanakan pada Minggu (16/08/2020).

“Kegiatan ini memudahkan adik tingkat kita memahami penggunaan software eagle yang sangat membantu dalam praktikum, seperti pembuatan tata jalur pcb pada semester 4 mendatang,” ujar Fajar Safriyansyah selaku ketua pelaksana.

Malalui kegiatan itu, tambah Fajar, mahasiswa dapat langsung memparktikkan penggunaan software dengan dipandu Beryl Erza dan Kurnia Wijaya sebagai pemateri dan angatan 19 sebagai peserta. Menariknya, adik tingkat 19 dapat langsung bertanya apabila tidak mengerti dengan penggunaan software eagle ini. Sehingga, apabila ada kesalahan dalam mengerjakan dapat langsung dibenahi.

“Saya berharap materi yang dijelaskan dengan teman – teman saya berguna dalam perkuliahan. Banyak peserta yang sebelumnya tidak mengenal software tersebut akhirnya paham dengan cara menggunakannya,” ujarnya.

Pada workshop kali ini, juga diberi penugasan pada peserta sebagai bentuk pemahaman setelah kegiatan itu dan dapat bertanya lagsung kepada kakak tingkatnya seperti halnya sharing dalam perkuliahan. Walaupun masa pandemi, Fajar mengungkapkan kagiatan berlangsung dengan lancar interaksi antara kakak tingkat dan adik tingkatnya memberikan hasil pembelajaran yang berguna. 

Dalam workshop kali ini, problem yang dibahas mengenai kemudahan pengajaran software untuk perkuliahan. Untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan komponen tetapi dalam suasana daring pengaplikasiaan software Eagle ini sangat penting. Fungsi aplikasi Eagle ini dapat merancang, memodifikasi, dan mencetaknya untuk kemudian disablon ke dalam bentuk PCB. Pengerjaannya juga sangat efesien semua macam komponen sudah ada pada aplikasi Eagle ini.

Setelah menyelesaikan kegiatan tahunan itu, Fajar berharap peserta dapat mengetahui bentuk-bentuk software yang sering digunakan dalam Prodi D3 OSI.

“Dalam adanya kegiatan ini peserta dapat lebih paham mengenai software yang digunakan dalam perkuliahan dan fungsinya. Sehingga membatu tugas perkuliahan menjadi mudan dan cepat terselesaikan,” tutup Fajar.

Penulis: Shalsa Putri Shavitri (Mahasiswa OSI UNAIR)

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).