VIEWSPRO, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan dengan Adu Gagasan Ilmiah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan Presentasi Esai. (Foto: Arsip VIEWSPRO)

UNAIR NEWS – 75 tahun Indonesia berdiri, 75 kali momen kemerdekaan Indonesia di peringati dan umur ke 75 ini diuji dengan pandemi. Adanya pandemi bukan berarti kreativitas mati atau bahkan menciutkan semangat berinovasi. Seperti halnya kegiatan VIEWSPRO yang diselenggarakan oleh Garuda Sakti Banyuwangi (GS). Kegiatan tersebut menghasilkan ide-ide inovativ dari setiap prodi di PSDKU UNAIR Banyuwangi yang di torehkan melalui gagasan ilmiah berupa esai. Seluruh tim yang ada nantinya akan beradu gagasan ilmiah melalui presentasi esainya.

Kegiatan VIEWSPRO tersebut terbagi menjadi beberapa kegiatan lagi yakni kelas menulis, kelas desain dan kelas public speaking. Hal itu dilakukan. Agar peserta siap untuk membuat esai, membuat poster dan melakukan presentasi dengan baik. Barulah selanjutnya kegiatan presentasi esai dilaksanakan.

Menurut Sadida Anindya Bahtiar, ketua VIEWSPRO 2020, saat di hubungi tim UNAIR NEWS pada Senin (17/08), mengatakan bahwa presentasi yang rencananya akan dilakukan secara tatap muka langsung tersebut, kini harus dilakukan secara online via google meet. Presentasi dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 agar tim yang ada terbawa semangat kemerdekaan.

“Kami mengambil acara presentasi pada tanggal 17 Agustus tak lain agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini juga terbawa semangat kemerdekaan, tersulut kembali semangat untuk tetap bergerak maju ditengah pandemi ini,” jelas mahasiswa yang akrab di panggil Sadida itu.

Menurutnya, kegiatan presentasi tersebut terbilang cukup sukses meski terdapat beberapa kendala. Penyelenggaraan kegiatan itu dapat dikatakan cukup sukses karena antusias dari tim sangat tinggi. Meskipun terdapat kendala seperti ada salah satu prodi yang belum unjuk diri menampilkan kebolehannya.

Setelah rangkaian VIEWSPRO ini terlaksana, Sadida dan tim berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pemantik keaktifan mahasiswa terhadap kegiatan dalam lingkup akademik. Tepat di hari berikutnya, panitia penyelenggara mengumumkan pemenangnya melalui sosial media GS. Keluarlah nama Eqia Arum Azzahroh dan tim sebagai juara pertama. Saat dihubungi UNAIR NEW pada Selasa (18/08), Eqia mengungkapkan perasaannya sebagai juara dan kesan setelah mengikuti serangkaian kegiatan VIEWSPRO.

“Seneng banget jadi juara, bisa bawa nama baik FKM. Setelah ikut VIEWSPRO, banyak pengalaman dan ilmu yang didapat, berguna untuk perbaikan kedepannya. Dan ternyata lawan temen PSDKU lebih menantang. Saya berperinsip, jangan liat siapa lawan kita, jangan liat seberapa tingkat lomba yang kita ikuti, tapi seberapa banyak pengalaman yang diambil,” ungkapnya penuh rasa syukur. (*)

Penulis: Rista Novianti

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).