Dinobatkan Sebagai Doktor Termuda di Indonesia, Berikut Lima Tips Sukses ala Dr. Satria Alumnus FK UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. H. Satria Arief Prabowo, MD, PhD alumnus FK UNAIR yang dinobatkan menjadi Doktor termuda di Indonesia oleh MURI. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) patut berbangga pasalnya, salah satu alumnus Fakultas Kedokteran (FK) telah dinobatkan menjadi Doktor termuda di Indonesia dalam bidang Ilmu Kedokteran oleh Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) pada tahun 2019 lalu. Ia adalah Dr. H. Satria Arief Prabowo, MD, Ph.D yang merupakan salah satu alumnus lulusan tahun 2012.

Pada kesempatannya menjadi narasumber dalam acara Airlangga Career Club yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA) UNAIR, Dr. Satria membagikan lima tips sukses menurut versinya. Tips pertama yakni setiap orang harus meyakini bahwa ia memiliki peran masing-masing di dunia. Menurut Dr. Satria, orang kembar sekalipun pasti memiliki peran yang berbeda dalam hidupnya.

“Saya percaya bahwa sebenarnya setiap orang memiliki peran dan panggilan masing-masing dalam hidupnya. Tidak ada orang yang benar-benar sama persis, walau orang kembar identik sekalipun,” paparnya pada Selasa (18/08/20).

Tips kedua agar bisa sukses menurutnya adalah sedini mungkin dapat menemukan passion dan keahlian dalam bidang yang disukai. Dr. Satria menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas diri masing-masing untuk mulai mencari hal apa yang disukai dan dicintai hingga kesenangan tersebut dapat menjadi suatu keahlian.

“Memang tidak mudah ketika mencari passion kita, karena terkadang ada dorongan dari orang tua maupun pertimbangan lingkungan yang membuat kita sulit menemukannya,” ucapnya kepada para participant acara.

Kemudian, tips ketiga adalah mempersiapkan diri untuk senantiasa mau bekerja keras dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan. Dr. Satria mengungkapkan bahwa bekerja keras merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tujuan yang telah dirancang dapat terwujud.

Tawakal kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta merupakan tips keempat yang dapat dilakukan setelah berusaha dan berikhtiar secara maksimal. Tips terakhir menurut Dr. Satria tertuang dalam kalimat Man Jadda Wa Jadda. Dia percaya ketika seseorang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil dalam hidupnya.

“Saya percaya bahwa hasil yang didapat tidak akan mengkhianati usaha yang telah dilakukan,” tutupnya ketika memaparkan materi via zoom meeting. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu