PHOENIX, Sosialisasi Covid-19 Lewat SKACKMAT

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Tim SCAKMAT

UNAIR NEWS – Menjalankan program kerja di era pandemi bukanlah perkara mudah. Meski begitu, hal tersebut bisa dijadikan sebagai tantangan serta ajang untuk mengasah kreativitas. Hal itu terjadi karena perlu penyesuaian dengan sistem dan norma baru. Tanpa terkecuali bagi Banyuwangi Public Health Assosiation (B-PHA), himpunan mahasiswa Kesehatan Masyarakat PSDKU Banyuwangi. Dimana, Sosialisasi Serentak yang tergabung dalam salah satu event besar B-PHA tersebut harus dijalankan secara online.

Public Health Top Event in Extraordinary (PHOENIX) merupakan salah satu event besar B-PHA dengan beberapa kegiatan, salah satunya Sosialisasi Serentak (SOSER). Awalnya, kegiatan tersebut dilaksanakan secara offline seperti halnya tahun-tahun kemarin. Seperti tak hilang akal, ketika pandemi mengahmpiri, akhirnya kegiatan SOSER dilakukan secara online dan dikemas dalam sebuah Poadcast. Di poadcast tersebut mahasiswa yang diundang akan memberikan opini terhadap pertanyaan yang telah di sebar melalui media sosial B-PHA.

Menurut Nahdhiah Khoirun Nisa’, Koordinator Sie Acara PHOENIX saat dihubungi UNAIR NEWS mengatakan bahwa penggunaan platform poadcast sebagai media penyampaiannya bukan tanpa sebab. Selain karena pandemi, poadcast dipilih karena menurut Nisa dan tim saat ini poadcast berada di fase tertinggi dalam bincang online

“Saat pandemi, kegiatan sosialisasi harus sampai kepada masyarakat tanpa mengundang risiko bahaya virus corona. Kebetulan juga, poadcast saat ini berada di fase tertinggi dalam dunia bincang online, ditambah lagi, poadcast mudah untuk diakses dan dijangkau segala kalangan,” terang mahasiswa yang akrab di panggil Nisa tersebut.

Pengusungan tema SOSER dari tahun ke tahun selalu mencari tema yang sedang hangat pada masanya. Di tahun ini, Covid-19 masih hangat untuk dibicarakan, oleh karenanya tema soser tahun ini bernama SCAKMAT, Sharing Covid-19 bersama Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 

Agar lebih interaktif, pertanyaan opini diambil dari quation box yang telah disebar di sosial media B-PHA. Tepat pada hari Minggu, 16 Agustus 2020, poadcast ini akan di unggah melalui channel youtube B-PHA. Pemilihan narasumber pun ikut diperhitungkan.

“Narasumber yang kita ambil berasal dari daerah yang sedang zona merah, baik yang ada di pulau Jawa maupun luar Jawa,” ujarnya.

Pada akhir, Nisa berharap setelah adanya podcast tersebut dapat membuka wawasan baru kepada masyarakat terkait Covid-19 hingga semakin besar kesadaran masyarakat untuk menjaga diri, baik diri sendiri maupun orang lain. 

“Serta, semoga apa yang disampaikan narasumber dapat memberikan manfaat dan memperbaiki stigma atau kesalahpahaman terhadap covid-19 sehingga menjadi lebih paham akan bahaya covid-19 serta tidak mudah percaya dengan hoax,” tutupnya. (*) 

Penulis : Rista Novianti

Editor  : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).