Meski Pandemi, Dekan Cup Fakultas Vokasi Tetap Diselenggarakan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DEKAN Cup FV 2020 yang dibuka pada Sabtu (15/08/2020). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Gelaran kompetisi tahunan Dekan Cup Fakultas Vokasi (FV) UNAIR telah resmi dibuka pada Sabtu pagi (12/08/2020). Hal itu diumumkan secara daring melalui akun instagram Dekan Cup FV UNAIR.

Pada penyelenggaraannya tahun ini, Dekan Cup FV mengalami berbagai perombakan untuk beberapa cabang lomba. Muhammad Daffa Pradana selaku ketua panitia mengatakan bahwa seluruh rangkaian lomba dalam Dekan Cup FV 2020 dialihkan dalam ruang daring.

“Meski pandemi, kami ingin tetap mewadahi minat dan bakat teman-teman dalam bidang non-akademi. Seperti seni dan olahraga, sehingga tercipta kondusifitas dalam lingkungan Fakultas Vokasi,” ungkap Daffa dalam wawancara daring dengan UNAIR NEWS.

Yang unik, kali ini untuk pertama kalinya Dekan Cup mengadakan cabang lomba got talent. Yaitu sebuah ajang bagi mahasiswa FV untuk menunjukkan bakat paling unik yang mereka miliki.

“Karena pandemi, pelaksanaan Dekan Cup kali ini adalah secara online. Nah, ada beberapa hal yang berbeda dari pelaksanaan Dekan Cup sebelumnya, kali ini kami menambahkan beberapa lomba tambahan seperti, E-Sport, Art photography, cipta puisi, dan pencarian bakat,” ujarnya.

Ide itu, tutur Daffa, terinspirasi dari cabang lomba akustik pada pelaksanaan Dekan Cup sebelumnya. Namun, ungkapnya, sedikit dimodifikasi dan disesuaikan dengan situasi normal baru. “Lomba akustik pada tahun sebelumnya kita modifikasi menjadi pencarian bakat. Sehingga ruang lingkupnya tidak hanya pada musik, tapi lebih luas,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk got talent, tingkat kesulitan bakat yang ditampilkan menjadi kriteria penilaian paling utama. Selain itu, panitia yang diwakilkan oleh Duta UNAIR juga menilai keunikan dari bakat yang ditampilkan peserta. 

Sebagai program kerja tahunan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga BEM FV 2020, ketentuan lomba dalam Dekan Cup kali ini tidak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Seluruh Hima prodi di FV UNAIR diwajibkan mengirimkan delegasi pada setiap cabang lomba.

Daffa menuturkan, Dekan Cup 2020 akan berlangsung selama sembilan hari. Mulai dari 15 Agustus 2020 hingga 23 Agustus 2020. Sedangkan pengumuman akan dilangsungkan pada tanggal 24 Agustus 2020. Adapun pembagian jadwal lomba dalam Dekan Cup 2020 tersebut adalah sebagai berikut:

Tanggal 15-16 Agustus 2020

E-Sport, Mobile Legends

E-Sport, PUBG-M

Tanggal 17-19 Agustus 2020

Poster

Cipta Puisi

Virtual Photoshoot

Got Talent

Tanggal 21-22 Agustus 2020

Semi Final E-Sport, Mobile Legends

Semi Final E-Sport, PUBG-M

Tanggal 23 Agustus 2020

Final Final E-Sport, Mobile Legends

Final E-Sport, PUBG-M

“Kami berharap, melalui kegiatan ini mahasiswa Fakultas Vokasi khususnya dapat mengembangkan minat bakat dan potesinya. Sehingga prestasi-prestasi selama ini tidak melulu pada bidang akademik, tapi juga pada bidang non-akademik,” harap Daffa. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu