FST UNAIR Adakan Temu Kangen Alumni Secara Daring

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana temu kangen alumni FST UNAIR melalui Zoom pada Minggu (02/08/20). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Ada yang berbeda dengan temu kangen alumni Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) kali ini. Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia beberapa bulan ini mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara online atau daring.

Sehubungan dengan itu, kegiatan rutin temu kangen alumni FST dilakukan secara daring melalui media Zoom pada Minggu (02/08/20). Kegiatan tersebut diikuti oleh alumni angkatan tahun 1982 hingga 2019. Total peserta sebanyak 450 orang dari dalam dan luar negeri dari jenjang D3, S1, S2, dan S3.

“Ini merupakan jumlah yang tidak terduga, karena kegiatan temu alumni offline yang biasa dilakukan sebelumnya, peserta yang hadir maksimum hanya sampai 200 orang,” tutur Prof. Hery Purnobasuki, M.Si., Ph.D., selaku ketua alumni.

Dalam sambutannya, prof. Hery menuturkan bahwa alumni FST tidak hanya berkarir menjadi seorang guru dan dosen saja melainkan diberbagai bidang. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan agar seluruh alumni dapat kompak berkontribusi untuk almamater dengan membantu mahasiswa yang masih aktif serta alumni yang baru lulus dengan berbagai cara menurut kemampuan masing-masing.

“Di samping juga dapat berperan aktif untuk kemajuan negara tercinta, Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FST Prof. Win Darmanto, M.Si., Ph.D., dalam pertemuan itu lebih menekankan pada pentingnya alumni bagi perankingan fakultas serta universitas. Untuk itu, sangat diharapkan kiprah alumni bagi almamater tercinta dalam berbagai bentuk.

“Dapat berupa pemberian kuliah tamu, pemberian kesempatan adik-adik mahasiswa dalam PKL, dan kerja sama lain yang saling menguntungkan antara FST UNAIR dan para alumni. Ucapan terimakasih disampaikan oleh dekan FST atas kehadiran seluruh alumni pada kesempatan tersebut,” tuturnya.

Serangkaian acara temu alumni tersebut di antaranya diskusi secara live dan temu kangen satu sama lain dari peserta temu alumni. Selain itu, ditayangkan juga video kesan dan pesan dari 24 alumni FST yang telah sukses dalam berbagai bidang, baik dari dalam dan luar negeri yang telah dikirimkan sebelumnya. Ada juga video rangkaian foto-foto kenangan, dan video para alumni yang telah lebih dulu meninggalkan juga ditampilkan.

“Hal yang menggembirakan adalah, seluruh alumni yang hadir telah berkomitmen untuk berkontribusi bagi kemajuan FST di masa yang akan datang sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, FST sedang menyiapkan berbagai kegiatan yang akan melibatkan alumni dan ruangan virtual pada website FST, dimana seluruh alumni dengan mudah dapat berkomunikasi satu dengan yang lain serta dengan pengelola fakultas maupun prodi.

“Semoga dengan meningkatnya peran serta alumni, akan meningkatkan performa FST di tingkat universitas, nasional, maupun internasional yang saat ini juga sudah tidak bisa dilihat sebelah mata lagi,” pungkasnya. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu