Kupas Tuntas Minat Soshum dalam Acara Open Talk bersama Dosen FH UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Suparto saat mengisi talk show lewat live IG. (Ilustrasi oleh IG UNAIR)

UNAIR NEWS –  Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) bersama Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengadakan acara Open Talk melalui live instagram dan youtube pada Rabu (05/08/20). Menggandeng salah satu dosen Fakultas Hukum (FH) UNAIR, Dr. Suparto Wijoyo, S.H., M.Hum., acara tersebut memberikan informasi guna menjawab pertanyaan calon mahasiswa baru terkait kuliah bidang sosial humaniora (soshum) di UNAIR.

Dipandu oleh Anindya Anandita, Dr. Suparto mengatakan di UNAIR terdapat ratusan program studi soshum mulai dari jenjang D3 hingga jenjang Doktor. Khusus di kampus B sendiri, terdapat 13 jurusan soshum, di antaranya adalah jurusan hukum dan psikologi. Lebih lanjut, Dr. Suparto menjelaskan jika terdapat ketertarikan dengan hal-hal yang berbau ekonomi maka calon mahasiswa baru bisa memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

“Ketika anda ingin mengetahui tentang pembangunan ekonomi, ingin memahami ekonomi yang syariah, maka bisa memilih jurusan ekonomi syariah,” ucapnya.

Selain jurusan hukum, psikologi dan ekonomi, UNAIR juga memiliki berbagai jurusan soshum lainnya. Seperti jurusan politik yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), lalu jurusan sastra yang ada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan masih banyak lagi.

Dr. Suparto mengungkapkan, soshum itu adalah cakrawala yang dapat menambah wawasan seseorang terkait bidang kemanusiaan. Kemudian, berbicara soal skill yang harus dimiliki mahasiswa soshum, Dr. Suparto mengucapkan bahwa calon mahasiswa tidak harus memiliki skill tertentu karena nantinya skill tersebut akan berkembang setelah mahasiswa menempuh pendidikan sesuai bidangnya.

“Lembaga pendidikan tugasnya adalah mengangkat derajat diri agar lebih memiliki kapasitas, sehingga memang ini tugas kami (dosen dan lain-lain, Red) yang akan membantu anda (calon mahasiswa baru, Red) dalam mengembangkan skill,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Dr. Suparto juga berpesan agar mahasiswa tidak perlu mengeluh ketika dosen memberikan tugas dalam jumlah yang banyak. Mahasiswa harus siap dengan banyaknya tugas yang harus dikerjakan, karena dengan cara itu mahasiswa bisa membangun skill yang mereka belum miliki. Sebagai penutup, dia menegaskan agar calon mahasiswa baru bisa menetapkan tujuan demi masa depan yang mereka inginkan.

“Jangan bimbang, tentukan arahmu dan pilih Universitas Airlangga sebagai penghantar masa depanmu lalu ingatlah bahwa sosial humaniora bertujuan untuk mengangkat derajat kemanusiaan,” tutupnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu