Pencegahan Infeksi Silang pada Praktik Gigi di Negara Tropis Selama Pandemi Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Kompas Lifestyle

COVID-19 telah dianggap sebagai pandemi baru di dunia. Penyakit ini sangat menular dan dapat dengan mudah menular melalui udara. Hal ini dianggap sebagai bendera merah untuk semua dokter gigi di seluruh dunia. Hingga saat ini, hanya ada beberapa pedoman spesifik dalam hal praktik dokter gigi selama dan setelah pandemi. Namun, faktanya protokol yang dilakukan dalam praktik gigi hanya sebatas janji pasien dan penggunaan alat perlindungan diri level 3. Dianjurkan juga untuk menunda semua perawatan elektif dengan waktu yang tidak ditentukan. Bahkan, tidak ada penyebutan khusus tentang metode persiapan ruang praktik terutama di Indonesia.

Hal tersebut yang mendasari kolaborasi lintas institusi dari berbagai bidang kesehatan untuk melakukan studi literatur ini. Khususnya pada studi ini, ingin meninjau tentang pengendalian infeksi dalam pengaturan praktik dokter gigi selama dan setelah pandemi COVID-19 dan mendiskusikan rekomendasi yang mungkin berdasarkan bukti yang tersedia.

Dalam kenyataannya dokter gigi yang melakukan praktik berisiko terkena percikan dan yang paling umum terkena adalah hidung dan mata bagian dalam. Sedangkan pemakaian masker N95 yang terus menerus akan menyebabkan ketidaknyamanan, sesak nafas, dan dapat mempengaruhi kinerja pekerjaan fisik. Kemudian berdasarkan studi literatur ini, bahwa risiko penularan infeksi silang tinggi dan tidak ada protokol yang dapat menjamin keselamatan pasien dan tenaga medis. Dengan adanya studi literatur ini, diperlukannya standar layanan dan fasilitas yang memadai untuk keselamatan pasien dan tenaga medis serta direkomendasikan kepada dokter gigi untuk membatasi prosedur dalam praktik, melakukan desinfeksi ruangan, dan mengatur sirkulasi udara dalam ruangan.

Penulis: Taufan Bramantoro

Link terkait tulisan di atas: Hudyono, R., Bramantoro, T., Benyamin, B., Dwiandhono, I., Soesilawati, P., Hudyono, AP.,Irmalia, WR.,Nor, NAM., During and post COVID-19 pandemic: prevention of cross infection at dental practices in country with tropical climate, Dental Journal (Majalah Kedokteran Gigi), 2020, 53(2): 81–87
https://e-journal.unair.ac.id/MKG/article/view/20197

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu