22 Film Karya Mahasiswa Ditayangkan di VoksFlix

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
POTRET sejumlah film yang ditayangkan dalam pelaksanaan VoksFlix sesi pertama pada Jumat malam (31/07/2020) kemarin. (Foto: Erika Eight Novanty)
POTRET sejumlah film yang ditayangkan dalam pelaksanaan VoksFlix sesi pertama pada Jumat malam (31/07/2020) kemarin. (Foto: Erika Eight Novanty)

UNAIR NEWS – Jika sering agenda pemutaran film diselenggarakan oleh komunitas film atau sekolah film, kali ini berbeda. Sebagai bentuk apresiasi karya film mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) membuat sebuah event daring bertajuk VoksFlix. Acara tersebut dilangsungkan selama tiga hari, mulai tanggal 31/7/2020 sampai dengan 2/8/2020 pada Saluran Youtube BEM VOKASI UNAIR.

Menurut Putu Ayu Dharmayanti selaku ketua pelaksana kegiatan, acara itu digelar lantaran mahasiswa FV memiliki minat dan bakat yang sangat besar dalam bidang perfilman. “VoksFlix ini adalah wadah bagi teman-teman FV untuk menunjukkan hasil karyanya. Sebab, ada banyak sekali film-film karya mahasiswa FV yang terpendam dan jarang ditayangkan kepada masyarakat umum, khususnya mahasiswa UNAIR sendiri,” ungkapnya dalam wawancara daring pada Minggu (2/8/2020).

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama BEM FV dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sinematografi UNAIR. Meskipun tahun ini adalah tahun pertama pelaksanaan VoksFlix, diketahui sebanyak 22 film akan ditayangkan.

Putu, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa setidaknya ada tiga sesi penayangan. Pertama, film karya mahasiswa FV yang tergabung sebagai anggota UKM Sinematografi UNAIR. Selanjutnya, film yang disutradarai mahasiswa FV. Terakhir, giliran film-film terbaik karya UKM Sinematografi UNAIR.

“Ada 22 film yang akan ditayangkan secara bertahap dalam tiga sesi. Waktunya juga kita batasi, hanya pada pukul 07.00 – 20.00 WIB saja per sesi,” ujar dia.

Sementara itu, dia menuturkan, tidak sedikit mahasiswa FV yang aktif pada bidang sinematografi. Mulai mahasiswa semester awal hingga alumnus.

Hal itu terbukti dari banyaknya mahasiswa FV yang mengikuti ajang tahunan lomba film bertajuk Cinemabangga yang diadakan oleh MKWU UNAIR. Selain itu, FV memiliki sejumlah tuntutan tugas mata kuliah tertentu yang mengharuskan mahasiswa membuat film.

“Semua film dari Cinemabangga yang telah diikuti mahasiswa Fakultas Vokasi inilah yang mendorong VoksFlix terbentuk sebagai wadah untuk teman-teman menunjukkan karya ciamiknya,” ujarnya.

Mahasiswa jurusan Manajemen Perbankan itu berharap, ke depan, VoksFlix dapat berkembang dengan menyediakan sesi diskusi. Sehingga, lanjut Putu, penonton dapat bertanya langsung kepada kru film tentang proses produksi atau kegiatan di balik layarnya.

“Tujuan dari pemutaran film ini kan agar karya-karya film yang telah dibuat tidak hanya disimpan, namun bisa ditayangkan dan dikenalkan. Kami berharap, ke depan, VoksFlix bisa menjadi festival film, khususnya dari mahasiswa vokasi,” pungkas Putu. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu