Peningkatan Kebersihan Mulut sebagai Keberhasilan Intervensi Menyikat Gigi di Pondok Pesantren

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh CSSMoRA UIN Jakarta

Menyikat gigi merupakan hal penting yang harus dilakukan karena salah satu faktor yang mempengaruhi kebersihan mulut, terutama untuk menghilangkan plak pada gigi. Plak sendiri adalah salah satu faktor penyebab karies dan penyakit periodontal. Sebagaimana diketahui, bahwa kemampuan menyikat gigi dengan benar adalah hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama pada remaja. Oleh karena itu, keterampilan menyikat gigi harus diajarkan kepada anak-anak dari segala usia, karena pada usia tersebut mudah diterima.

Hal inilah yang menjadi dasar kolaborasi antara tim peneliti Universitas Prof. Dr. Moestopo Jakarta dan Universitas Airlangga Surabaya untuk melakukan penelitian ini. Khususnya tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan skor plak sebelum dan setelah di lakukan pelatihan menyikat gigi dengan menggunakan BassTechnique pada remaja berusia 12-15 tahun di Pondok Pesantren An-Nuqthah, Cipete,Tangerang.

Pada kenyataanya kebiasaan menyikat gigi dua kali atau lebih dalam sehari itu cukup tinggi, namun skor plak masih tinggi dan memiliki kriteria buruk karena teknik yang digunakan tidak benar. Kemudian berdasarkan penelitian, ternyata teknik menyikat gigi signifikan dalam meningkatkan kebersihan mulut sebelum dan setelah dilakukan pelatihan. Dengan adanya penelitian kolaborasi ini dapat memberikan informasi kepada remaja tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Dengan melakukan teknik menyikat gigi yang benar menggunakan teknik brass dapat menghilangkan perlekatan plak pada permukaan gigi.

Penulis: Dr. Taufan Bramantoro

Link terkait tulisan di atas: Pindobilowo, Ariani, D., Amalia, NS., Bramantoro, T.,
Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology Year 2020, Volume-14, Issue-3 (July-September) (pre release) Improved Oral Hygine As A Result Of Successful Toothbrushing Intervention In A Restricted Community Islamic Boarding School, Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 2020, Vol. 14, No. 3.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu