Faktor – Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Layanan Kesehatan Gigi di Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Parenting

Permasalahan kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah utama masyarakat di Indonesia. Berdasarkan National Health Survey pada tahun 2018, memperkirakan bahwa 96% orang Indonesia tidak melakukan kunjungan ke dokter gigi dalam satu tahun terakhir. Diketahui bahwa banyak faktor yang mempengaruhi pemanfaatan layanan gigi di berbagai negara, seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, area perumahan, pendidikan, pendapatan, asuransi kesehatan dan kebutuhan kesehatan individu, seperti sakit gigi dan mulut. Masih rendahnya prevalensi pemanfaatan layanan gigi di Indonesia berkaitan dengan sosial penentu di tingkat individu dan masyarakat. Namun, mungkin berbeda antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Hal inilah yang mendasari kolaborasi tim peneliti University of Debrecen Hungary dan Universitas Airlangga Surabaya untuk melakukan penelitian. Khususnya penelitian ini bertujuan untuk menguji prevalensi pemanfaatan layanan gigi di Indonesiadan hubungannya dengan penentu sosial di tingkat individu dan masyarakat, serta mengeksplorasi tentang perbedaan di perkotaan dan pedesaan dengan menggunakan data Indonesian Family Life Survey 5 (IFLS 5) tahun 2014.

Dalam kenyataannya orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin mengunjungi dokter gigi daripada yang lebih muda,yang mungkin karena ada lebih banyak masalah gigi pada usia yang lebih tua.Sedangkan laki-laki di daerah perkotaan cenderung mengunjungi dokter gigi daripada wanita. Diketahui wanita lebih banyak menunjukkan kepatuhan perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kemudian berdasarkan hasil penelitian, mengisyaratkan bahwa kebutuhan mendesak dapat meningkatkan pemanfaatan layanan gigi di Indonesia.

Melalui penelitian kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, diharapkan pula dapat mengembangkan kebijakan dan program kesehatan mulut dengan mempertimbangkan faktor-faktor penentu sosial dan dirancang agar sesuai dengan pengaturan khusus masyarakat.

Penulis: Dr. Taufan Bramantoro

Link terkait tulisan di atas:  Santoso, CMA.,Bramantoro, T., Nguyen, MC., Bagoly, Z., Nagy, A. Factors Affecting Dental Service Utilisation in Indonesia: A Population-Based Multilevel Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health. 2020. 17.5282; doi:10.3390/ijerph17155282.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu