Tim KKN Manfaatkan Podcast untuk Edukasi Warga Tentang New Normal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tim KKN 148 Berfoto bersama di lokasi KKN pada 14 Juli 2020. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Perkembangan teknologi memang tidak dapat dipungkiri lagi. Pemanfaatannya banyak digunakan dalam berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan. Dengan adanya teknologi pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah seperti memanfaatkan video edukasi dan yang lainnya.

Dari hal tersebut, sepuluh mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-62 RT 20, Perum Kemiri Indah, Sidoarjo, Jawa Timur membuat podcast. Pembuatan podcast dilakukan oleh tim KKN dengan semua anggota kelompok mendapatkan bagian untuk berbicara.

Menurut Cita Ayu selaku penanggung jawab, menjelaskan bahwa podcast dipilih sebagai variasi dan mempermudah, karena sebelumnya sudah ada video edukasi untuk cuci tangan dan pembuatan sanitizer. Dengan tujuan memberi informasi serta edukasi kepada masyarakat dan teman-teman milenial tentang new normal.

“Selain lebih mudah dalam proses pembuatan, podcast juga menarik dan sedang diminati saat ini,” tambah mahasiswa Fisika tersebut pada 13 Juli 2020.

Podcast tersebut, sambungnya, berisi tentang new normal, protokol-protokol yang harus diperhatikan saat new normal, dan tips-tips untuk menjalani new normal.

Menurutnya, antusias dari tokoh masyarakat sangat tinggi terhadap program tersebut. Masyarakat juga merasa senang dengan adanya hal baru yang mudah dipelajari dan terbantu.

“Masyarakat RT 20, Perum Kemiri Indah, Sidoarjo kami lihat antusias dan dapat menerima dengan baik konten yang kami buat, baik video edukasi, perlombaan puisi, perlombaan resep masakan, dan podcast ini,” tutur mahasiswa angkatan 2017 tersebut.

Untuk dapat mengakses podcast tersebut, Cita sapaanakrabnya, menuturkan bahwa masyarakat dapat mengaksesnya di sosial media instagram tim KKN maupun aplikasi spotify dengan nama KKN 148 UNAIR.

“Untuk masyarakat dapat mengaksesnya di instagram kami @kkn148unair maupun Spotify dengan nama KKN 148 UNAIR. Namun untuk RT 20 Perumahan Kemiri Indah, Kemiri, Sidoarjo, kami mengirimkan videonya melalui grup whatsapp RT dengan bantuan bu RT,” pungkasnya. (*)

Penulis : Asthesia Dhea Cantika

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).