Kembali Bagikan Masker, Mahasiswa Berikan Semangat ke Peserta UTBK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH seorang mahasiswa memberikan masker kepada peserta UTBK di Pintu Masuk Kampus C UNAIR, dekat ACC, pada Rabu (22/7/2020). (Foto: M. Alif Fauzan)
SALAH seorang mahasiswa memberikan masker kepada peserta UTBK di Pintu Masuk Kampus C UNAIR, dekat ACC, pada Rabu (22/7/2020). (Foto: M. Alif Fauzan)

UNAIR NEWS – Aksi bagi masker kepada peserta UTBK kembali dilakukan mahasiswa Universitas Airlangga pada hari ketiga UTBK Tahap II 2020 pada Rabu (22/7/2020). Mahasiswa dalam hal ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) itu mulai membagikan masker pukul 07.30 di Pintu Masuk UNAIR, dekat ACC (Airlangga Convention Center).

Berdasar catatan panitia, terdapat total 2.350 peserta UTBK melakukan ujian pada hari itu. Seluruhnya terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi I pagi pukul 09.00-11.15 WIB dan sesi II siang pukul 14.00-16.15 WIB.

Bendahara I BEM FST UNAIR Alfi Kurnianti menjelaskan bahwa pembagian masker tersebut diharapkan mampu mendorong peserta UTBK 2020 disiplin dan patuh melakukan protokol kesehatan. Mengingat, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Termasuk upaya-upaya pencegahan penyebarannya masih terus dilakukan.

”Jadi, hari ini kami (BEM FST, Red) melakukan pembagian masker kepada adik-adik peserta UTBK, pengantar, dan masyarakat sekitar Kampus C,” ujarnya pada sela-sela pembagian masker.

SALAH seorang mahasiswa memberikan masker kepada peserta UTBK di Pintu Masuk Kampus C UNAIR, dekat ACC, pada Rabu (22/7/2020). (Foto: M. Alif Fauzan)

Saat berada di lokasi ujian masing-masing, ungkap Alfi, peserta diharapkan disiplin menjaga jarak, selalu menggunakan masker, dan disiplin mencuci tangan. Dengan begitu, peserta juga dapat mengurangi dan mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19.

”Tetap semangat dan fokus meski adik-adik tetap harus pergi ke kampus untuk mengikuti UTBK. Mengingat dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini,” tutur Alfi.

”Untuk adik-adik, tetap patuhi protokol kesehatan. Jaga jarak, jangan menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, dan semoga mengerjakan ujiannya lancar,” imbuhnya.

Menanggapi aksi mahasiswa itu, Wakil Dekan III FST UNAIR Dr. Nanik Siti Aminah, M.Si., mangaku sangat bangga dengan kepedulian mahasiswa terhadap peserta UTBK dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dia mencatat, aksi semacam itu sudah dilakukan para mahasiswa untuk kali ketiga. Sebelumnya dilakukan pada Senin (6/7/2020) di Kampus C UNAIR dan Kamis (9/7/2020) di Kampus B UNAIR.

“Alhamdulillah untuk ketiga kalinya perwakilan mahasiswa FST menunjukkan kepeduliannya dalam menjaga UNAIR bebas COVID-19 dengan ikut acara pembagian masker kepada peserta UTBK baik gelombang II maupun gelombang II,” sebutnya.

Dr Nanik menambahkan, meski dalam masa pandemi Covid-19, mahasiswa tetap aktif dalam sejumlah kegiatan. Misalnya, kegiatan pengabdian masyarakat dengan pengalangan dana. Termasuk dalam mendukung kegiatan-kegiatan fakultas dan universitas secara online maupun offline.

”Tim gerak cepat BEM FST ini sangat ringan tangan dan dengan sigap akan siap bergerak. Ketika dikontak untuk membantu berbagai kegiatan di fakultas dan di Universitas. Salut untuk mereka,” tuturnya.

PARA mahasiswa FST seusai membagikan masker kepada para peserta UTBK di UNAIR. (Foto: M. Alif Fauzan)

Semoga, ujar Dr Nanik, gerakan-gerakan positif tersebut mampu menyadarkan seluruh peserta UTBK untuk selalu waspada dan aktif mematuhi prosedur protokol kesehatan. Termasuk kepada seluruh masyarakat. Bahwa melindungi diri adalah cara yang paling tepat untuk mencegah penularan Covid-19.

”Peran para relawan menjadi sangat penting dalam hal ini,” sebutnya. (*)

Penulis: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu