Mahasiswa KKN UNAIR Motivasi Masyarakat untuk Membuka Usaha

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh tim KKN UNAIR

UNAIR NEWS – Di tengah Pandemi Covid-19 sektor ekonomi merupakan sektor yang sangat berdampak. Pasalnya, banyak karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau di rumahkan. Menanggapi hal tersebut, KKN UNAIR kelompok 285 yang bertempatan di Kelurahan Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, mengadakan talkshow bidang ekonomi.

Tema talkshow yang diangkat adalah Tips dan Trick Membuka Usaha Di Tengah Pandemi Covid-19. Pemateri talkshow ini mengundang founder dari PT Rumah Masker Indonesia, Delsi Aulia. Saat ditemui UNAIR NEWS (20/7), kelompok yang diketuai oleh Salsabila, mengatakan kegiatan tersebut didasari karena tingginya tingkat pengangguran setelah adanya Pandemi Covid-19. Sehingga, ingin mengajak masyarakat untuk membuka usaha sendiri.

“Saat Pandemi Covid-19 ekonomi menjadi memburuk, tingkat pengangguran juga bertambah. Daripada kita down, kita ambil kesempatan untuk memiliki usaha sendiri. Selain memiliki pendapatan, kita juga bisa menambah lapangan pekerjaan,” ucap mahasiswi jurusan farmasi tersebut.

Kegiatan talkshow ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan menggunakan platform live instagram. Platform ini dipilih agar memudahkan masyarakat yang tidak dapat menonton live dapat melihatnya kembali melalui instagram tv. Selain itu juga para peserta dapa berinteraksi langsung dengan pemateri melalui kolom komentar.

“Kami mengadakannya lewat live instagram. Dengan live instagram, peserta bisa berinteraksi langsung dengan pemateri lewat kolom komentar. Setelah kegiatan talkshow selesai, live instagram bisa dishare kembali melalui instagram tv. Sehingga, yang mendapatkan manfaatnya bisa lebih banyak,” ungkapnya.

Kegiatan talkshow berjalan dengan lancar. Dimulai dari perkenalan pemateri, dilanjut dengan pemilihan pertanyaan yang menarik dan sesuai dengan tema dari kolom komentar. Diakhir acara, peserta yang memiliki pertanyaan terbaik mendapatkan hadiah dari Rumah Masker Indonesia. Peserta talkshow sendiri terdiri dari masyarakat Lengkong Gudang Timur, serta teman-teman mahasiswa.

“Pesertanya terlihat antusias dengan materinya. Dapat dilihat dari banyak pertanyaan yang ditanyakan lewat kolom komentar. Selain itu, pembicaranya sangat ramah dan lugas dalam memberikan penjelasan,” lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan talkshow itu, Salsabila dan teman-temannya berharap, para peserta dan masyarakat umum dapat termotivasi dalam membuka usaha di tengah Pandemi Covid-19.

“Harapan kami, para peserta dan masyarakat umum dapat termotivasi untuk membuka usaha di tengah Pandemi Covid-19. Selain dapat meningkatkan ekonomi, dapat juga mengembangkan diri sendiri,” tutupnya.

Penulis: Nadiyah Rahmasari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu