Prodi K3 Kupas Tuntas Penerapan New Normal di Tempat Kerja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PELAKSANAAN Kuliah Tamu Prodi D3 Keselamatan dan Kesehatan KerjaFakultas Vokasi Universitas Airlangga bertajuk ‘New Normal in Workplace’, Sabtu (18/07/2020). (Foto: Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Penerapan New Normal tentu saja berimbas pada berbagai bidang kehidupan. Tidak terkecuali pada lingkungan kerja. Mengetahui hal tersebut, Hima Prodi D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Vokasi (FV) UNAIR tergerak menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk New Normal in Workplacepada Sabtu (18/07/2020).

“Kuliah tamu tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena digelar secara daring. Sebagai salah satu program kerja tahunan Hima, ini menjadi wadah sharing ilmu serta diskusi mengenai new normal, terutama di tempat kerja,” Ungkap Liza Faitho Khafsoh selaku Ketua Pelaksana.

Dalam seminar daring itu, para peserta sangat antusiasi mengikuti kuliah yang disampaikan oleh Pengawas Ketenagakerjaan Sp. PUBT Warga Bagus Pribadi, S.T., M.M. Bagus, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa bidang ketenagakerjaan menjadi salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. “Dampak pandemi sangatlah terasa di bidang ketenagakerjaan,” ujar Bagus.

Sebenarnya, perihal normal baru di bidang ketenagakerjaan telah diatur oleh pemerintah dalam sejumlah kebijakan. Salah satunya, SE Menaker RI No.M/3/HK. 04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Kepada peserta seminar, Bagus mengungkapkan, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan Covid-19 dengan menerapkan UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. “Artinya di era nomal baru ini perusahaan hanya perlu sedikit beradaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan seperti yang ada di UU tersebut,” tandas Bagus.

Sementara itu, dia menuturkan, angka pengangguran terus meningkat secara drastis akibat pandemi. Hal itu disebabkan oleh jumlah kerugian yang cukup besar yang dialami banyak perusahaan di Indonesia. “Memulai kembali produksi dan menjalankan kembali roda perekonomian merupakan jalan yang harus ditempuh agar perusahaan kembali stabil,” ujar Bagus.

Pada akhir, Liza mengungkapkan, kuliah tamu kali ini dihadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa dari sejumlah Prodi di FV UNAIR. Dia berharap acara tersebut mampu menambah pengetahuan peserta.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta. Kami juga berharap, para peserta mampu menerapkan hal-hal yang telah disampaikan oleh pemateri,” pungkas Liza. (*)

Penulis : Erika Eight Novanty

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).