Tim KKN Bojonegoro Ajak Pemuda Campurejo Bikin Kopi Celup

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Hidup berdampingan dengan coronavirus atau Covid-19 tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Guna menekan penyebaran, masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dengan berbagai gaya hidup baru.  Meski demikian, sejumlah masyarakat terutama kaum muda tampaknya sulit melakoni adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi.

Melihat hal tersebut, Tim KKN BBM Desa Campurejo, Bojonegoro lantas mengajak milenial berinovasi membuat kopi celup. Kegiatan itu diselenggarakan pada Sabtu (18/7/2020) di Balai Desa Campurejo, Bojonegoro.

“Kami melihat kondisi di tengah pandemi ini masih banyak pemuda yang suka nongkrong atau ngopi tanpa mengikuti protokol kesehatan. Nah, di sini kami mengajak kaum muda untuk berinovasi bikin kopi celup agar bisa ngopi di rumah saja,” ujar Sutrisno, ketua Tim KKN BBM Desa Campurejo. 

Sutris mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi itu sengaja menargetkan kaum muda. Tujuannya, lanjut dia, untuk memotivasi para pemuda agar tetap di rumah saja pada masa pandemi. Selain itu, kegiatan tersebut menjadi upaya untuk memantik jiwa wirausaha kaum milenial di Desa Campurejo.

“Kegiatan ini merupakan salah satu edukasi kepada generasi milenial untuk produktif walaupun di masa pandemi. Kami berpikir bahwa pemuda dapat mengembangkan hasil sosialisasi ini dengan membuat usaha sendiri, sehingga dapat menjadi ladang penghasilan di usia muda,” kata mahasiswa Ilmu Sejarah angkatan 2017 itu.

TIM KKN BBM Campurejo yang mempresentasikan inovasi kopi celup kepada sejumlah peserta dalam kegiatan sosialiasi pada Sabtu (18/07/2020). (Foto: Istimewa)

Menurut Sutris, peserta diberi berbagai materi untuk tetap produktif di masa pandemi Covid 19. Termasuk materi mengenai kopi celup, mulai dari cara membuat kopi celup; manfaat kopi celup; kelebihan; pengemasan; hingga promosi. Tidak hanya diberikan materi, peserta juga diberikan pelatihan secara langsung cara membuat kopi celup.

“Peserta kita berikan pelatihan membuat kopi celup dalam tiga variasi, yaitu kopi celup manis, kopi celup jahe, dan kopi celup kayu manis,” katanya.

Peserta terlihat sangat antusias. Belasan peserta yang hadir dalam acara tersebut aktif bertanya selama kegiatan berlangsung.

Tema yang diusung dalam kegiatan sosialisasi itu adalah ‘kiat-kiat menjadi individu produktif selama pandemi covid 19’. Kegiatan tersebut merupakan agenda kedua Tim KKN BBM Campurejo setelah sebelumnya melangsungkan sosialisasi pembuatan handsanitizer.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap para pemuda bisa membatasi diri untuk keluar rumah dan tetap produktif di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada,” harap Sutris menutup wawancara. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).