Pengaruh Ekstrak Etanol OCRA terhadap Jumlah Sel Leydig Mus musculus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Ocra (Abelmoschus esculentus). (Sumber: Kew Science)

Ocra  (Abelmoschus esculentus) banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena kandungan bahan aktif yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit. Tapi perlu diperhatikan jumlah kosumsi ocra supaya tidak menimbulkan efek samping. Perlu diketahui dalam buah ocra mengandung gossypol yang tinggi dapat menyebabkanperacunan dan mengganggu sistemreproduksi pria. Kandungan gossypol pada ocra dapat menyebabkan necrosis pada sel leydic sebagai sumber menghasilkan hormone yang berperan dalam system reproduksi pria.

Penelitian ini terdiri dari 4 kelompok yaitu kelompok control (K) diberi  suspensi CMC-Na 0,5, kelompok  Perlakukan 1 (P1) yaitu diberikan ekstrak etanol  ocra dosis 200 mg/kg bb,  kelompok Perlakuan 2 (P2) diberikan ekstrak etanol ocra dosis 400 mg/kg bb dan Kelompok Perlakuan 3 (P3) diberikan ekstrak etanol ocra dosis 800 mg/kg b. Tiap kelompok terdiri dari Enam ekor BALB / C Mus musculus.  Pemberian ekstrak etanol ocra  (Abelmoschus esculentus) selama 52 hari.

Hasil penelitian  menunjukan bahwa jumlah sel Leydig  yang normal  dan yang necrosis antara kelompok kontrol , kelompok perlakuan I dan kelompok perlakuan 2  tidak berbeda. Sedangkan kelompok control  jumlah sel leydic yang necrosis dan normal  berbeda signifikan (p <0,05) dengan kelompok perlakuan 3. Pada kelompok P3 jumlah sel leydis yang mengalami necrosis meningkat dan sel leydic yang normal jumlahnya menurun.  

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ekstrak etanol Ocra (Abelmoschus esculentus)  dapat mengurangi jumlah Sel Leydig di dalam testis dan sel leydic yang mengalami necrosis meningkat sehingga akan menurunkan sekresi hormone testosterone yang sangat berperan dalam system reproduksi jantan. (*)

Penulis: Widjiati

Artikel lengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini

http://aunilo.uum.edu.my/Find/Record/id-langga.85438

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu