Majalah Warta Airlangga 133/2020

Pada edisi kali ini, Warta Universitas Airlangga memberikan informasi bertema Pendidikan. Pada fokus utama, redaksi memberikan gambaran tentang kebijakan baru dari “Mas” Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk perguruan tinggi, yaitu “Kampus Merdeka”. Tanggapan dan respons sivitas akademika UNAIR, terutama direktur pendidikan dan sejumlah dekan, kami ulas dalam bagian berikutnya. Termasuk bagaimana respons para mahasiswa terhadap kebijakan yang konon memberikan keleluasaan bagi mereka untuk mengembangkan diri.

Pada liputan khusus, redaksi menghadirkan ulasan kronologis pemilihan rektor periode 2020-2025 UNAIR. Yang menarik, pemilihan itu mendapat penghargaan dari Rekor MURI Indonesia karena menggelar pemilihan rektor secara daring. Termasuk kami laporan pelaksanaan pelantikan rektor terpilih di tengah pandemi Covid-19. Tak ketinggalan, kami tampilkan infografis perjalanan pemilihan rektor mulai Januari sampai Juni 2020.

Dalam laporan pilihan, penjelasan mengenai virus corona dari sudut pandang kedokteran hewan oleh para pakar kami munculkan. Juga, ulasan profil juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Corona Indonesia yang sekaligus alumnus FK UNAIR. Di bagian berikutnya, redaksi menghadirkan laporan pelaksanaan wisuda online pertama UNAIR. Kisah inspiratif wisudawan difabel dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
(FISIP) juga redaksi ulas.

Opini mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi terkait kemerdekaan kampus dalam bidang inovasi mengisi rubrik opini. Kali ini opini itu berjudul Kampus Merdeka Inovasi dan Kampus Merdeka dengan pemanfaatan Teknologi dari salah seorang mahasiswa S3 FISIP.

Berbagai kiprah sivitas akademika Universitas Airlangga turut redaksi hadirkan dalam beberapa rubrik Suara Sivitas. Misalnya, perihal pendapat mereka terkait isu terkini.

Rubrik kiprah alumni kali ini menyorot seorang sosok yang aktif melakukan kegiatan sosial di pelosok-pelosok Nusantara. Yakni, Abdul Rozak atau biasa dipanggil Zaki, alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga angkatan 2015. Tak kalah menarik, ulasanulasan yang lain soal pengabdian masyarakat Universitas Airlangga.

Yang tak kalah menarik dalam majalah edisi kali ini, redaksi sajikan sejumlah inovasi dari dosen. Prof. Dr. Moh. Yasin M.Si., salah satu Guru Besar Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR membuat alat mendeteksi formalin.

Dua prestasi mahasiswa di tingkat internasional juga redaksi ulas dalam rubrik prestasi. Ksatria-ksatria Airlangga berhasil mencatatkan prestasi di Turki dan di Negeri Jiran Malaysia. Terus jayalah Universitas Airlangga dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat!!!

Redaksi:

Pengarah Redaksi: Mohammad Nasih (Rektor), Nyoman Tri Puspaningsih (Wakil Rektor I), Muchammad Madyan (Wakil Rektor II), Moch. Amin Alamsjah (Wakil Rektor III), Junaidi Khotib (Wakil Rektor IV), Koko Srimulyo (Sekretaris Universitas).

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Suko Widodo (Ketua PIH); Wakil Pemimpin Redaksi: Imron Mawardi; Redaktur Pelaksana: Feri Fenoria Rifa’i; Redaktur & Anggota Redaksi: Nuri Hermawan, Faridah Hariyani, Binti Quryatul Masruroh, Khefti Al Mawalia, Andi Pramono, Metta Karuniawati;

Koresponden: Zanna Afia Deswari, Galuh Mega Kurnia, Nabila Amelia, Erika Eight Novanty, M Wildhan Suyuti, Sandi Prabowo, Ulfah Muamarotul, Asthesia Dhea, Intang Arifia, Aditya Novrian, Febrian Tito, Sugeng Andrean, Dita Aulia Rahma, Cynthia Retno Wulandari, Ivan Syahrial, Dian Putri Apriliani, dan Nadiyah Rahmasari; Fotografer: Agus Irwanto; Pracetak & Artistik: Feri Fenoria Rifa’i; Sirkulasi: Agus Irwanto;

Alamat Redaksi: Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga, Lantai 2, Ruang 203, Gedung Manajemen UNAIR, Kampus C, Jalan Mulyorejo Surabaya; Telepon/Faks: (031) 5913244; Alamat E-mail Redaksi: news@pih. unair.ac.id; Percetakan: Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga.

Edisi Lainnya

Ilustrasi: Feri Fenoria

Buku “Tentang Airlangga” 2020

Booklet yang diterbitkan oleh PPMB Universitas Airlangga ini memuat tentang berbagai jalur seleksi untuk masuk Universitas Airlangga, berbagai program pembelajaran seperti gelar ganda dan kelas

Close Menu