Kuliah Daring jadi Solusi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kuliah daring FKG UNAIR. (Dok. Humas FKG)

UNAIR NEWS – Berbagai kegiatan pendidikan secara tatap muka harus tertunda selama masa work from home akibat pandemi Covid-19, tidak terkecuali untuk kegiatan staff inbound. Namun kondisi ini tentu bukan menjadi alasan yang menghambat keberlangsungan pendidikan di UNAIR.

Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga telah menyelenggarakan kuliah internasional secara daring melalui skema program DECOTA (video conferencing with Universitas Airlangga­) pada tanggal 14 dan 28 Juni 2020. Prof. Shailesh Deshmukh dari India sebagai narasumber pada kegiatan tersebut dengan topik biomekanik pergerakan gigi yang meliputi teori dasar hingga aplikasi klinis.

“Program DECOTA mempermudah proses transfer of knowledge bagi dosen dan mahasiswa pada masa pandemi seperti saat ini yang tidak memungkinkan untuk mengadakan program kuliah tamu oleh narasumber internasionalsecara konvensional,” ujar Prof. Dr. Ida Bagus Narmada, drg., Sp.Ort(K) selaku Ketua Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga.

Program DECOTA sangat efektif sebagai sarana sharing ilmu pengetahuan dengan narasumber internasional yang berkompeten di bidangnya, menurut Prof. Narmada.

Mustaqbal Suharwan, salah satu mahasiswa Program Pendidikan Spesialis Ortodonti juga berpendapat bahwa program DECOTA memberi kesempatan lebih bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu dari pembicara luar negeri tanpa dibatasi waktu jarak.

“Pada situasi pandemik ini membuat kami harus learn from home sehingga media daring menjadi satu-satunya alat pembelajaran saat ini. Namun kedepannya bila situasi sudah kembali normal, maka kuliah dengan tatap muka saya harap dapat dilaksanakan lagi agar kualitas mahasiswa Program Pendidikan Spesialis Ortodonti FKG UA dapat bersaing dengan orthodontist lainnya hingga luar negeri,” ujar Mustaqbal.

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu