Departemen PKIP FKM UNAIR Launching Media Komunikasi Kesehatan Guna Edukasi Masyarakat Terkait Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Berbagai karya media komunikasi kesehatan yang dibuat oleh mahasiswa FKM UNAIR. (Foto : Dita Aulia Rahma)

UNAIR NEWS – Kian hari penambahan kasus positif Covid-19 semakin bertambah. Terlepas dari keadaan tersebut, pemerintah telah memperkenalkan kebiasaan baru bagi masyarakat yang dikenal dengan sebutan new normal.

Menanggapi hal tersebut, Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Webinar Media Komunikasi Kesehatan yang dilaksanakan pada Jumat (26/06/20) melalui aplikasi zoom meeting. Dalam acara tersebut, Departemen PKIP melakukan launching berbagai media komunikasi kesehatan yang dibuat sendiri oleh mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat dan mahasiswa D3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sebagai langkah edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 dan new normal.

Media komunikasi kesehatan itu dibuat dalam berbagai bentuk mulai dari audio, visual seperti poster, dan audio-visual seperti video. Dalam berbagai bentuk media tersebut, mahasiswa menyampaikan informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat tentang Covid-19 ataupun mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi new normal. Tidak hanya mahasiswa, tim Departemen PKIP sendiri juga membuat media komunikasi kesehatan buatan mereka berupa poster dan video.

Hasil karya mahasiswa tersebut dibagikan melalui media sosial seperti instagram, whatsapp, twitter, facebook, youtube dan lain-lain. Media sosial dipilih karena memiliki jangkauan yang luas sehingga informasi dapat diterima masyarakat secara cepat.

Tentu pembuatan media telah sesuai dengan langkah-langkah pengembangan media komunikasi kesehatan yang terdiri atas langkah assessment, dimana mahasiswa akan melakukan diskusi dengan dosen guna menganalisis informasi yang dibutuhkan masyarakat. Dilanjutkan dengan langkah create design, dimana mahasiswa merancang media yang akan dibuat, lalu melakukan langkah ketiga yakni discuss with lecture untuk menilai apakah media yang dibuat sudah layak untuk diunggah. Kemudian barulah melakukan langkah share dan terakhir adalah langkah evaluasi.

Para mahasiswa berharap agar karya yang mereka buat bisa tersampaikan kepada masyarakat luas dan semoga masyarakat dapat memahami informasi yang diberikan. Ketua Departemen PKIP FKM UNAIR, Hario Megatsari S.KM., M.Kes., juga mengungkapkan semoga dengan adanya media komunikasi kesehatan yang dibuat terkait Covid-19 itu dapat menjadi salah satu kontribusi yang berguna bagi bangsa.

“Harapannya hal ini (membuat media komunikasi kesehatan, Red) dapat menjadi salah satu kontribusi kami (dosen dan mahasiswa, Red) kepada bangsa,” ucapnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu