Pameran Fotografi Online FISIP UNAIR Gali Minat Bakat Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu foto karya Rizky Maghfira Putri. (Dok. Instagram)

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 tidak menghentikan gairah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR untuk terus berkarya. Untuk pertama kalinya, mata kuliah Fotografi Departemen Ilmu Komunikasi mengadakan pameran fotografi daring yang menampilkan karya-karya terbaik dari mahasiswa FISIP UNAIR. Pameran fotografi Aksa Rasa 2020 bertajuk “Variasi dalam Kreasi” tersebut menampilkan 40 karya fotografi terbaik dari peserta mata kuliah Fotografi.

Acara yang digelar mulai Senin (15/6/2020) hingga Jumat (26/6/2020) tersebut ditujukan untuk memberikan edukasi dan hiburan selama masa-masa work from home. Melalui akun Instagram @aksarasa2020, para pecinta fotografi dan masyarakat umum dapat menikmati tidak hanya pameran foto, akan tetapi juga talkshow serta challenge yang berhadiah menarik. Talkshow live Instagram Aksa Rasa sendiri diisi oleh Amanda Anindita Kirana serta Fidellia Kartikasari.

Pada kesempatan pertama, Amanda yang merupakan seorang fotografer ahli yang tergabung dalam Associate Photographer of Obscura membawakan materi yang berjudul “How to Find Your Own Photography Style”. Dari judul tersebut, Amanda memberikan berbagai tips dan strategi untuk menemukan style foto sendiri bagi para fotografer. Sementara Fidellia yang merupakan Content Creator Jokopi, At Nuit, dan Sehari Selembar Kain memberikan strategi bagi para fotografer untuk tetap produktif dan survive di tengah pandemi.

Untuk semakin memeriahkan acara, Aksa Rasa 2020 juga mengadakan #FlatlayChallenge bagi para followers-nya. Flatlay sendiri merupakan seni memotret benda-benda yang diletakkan dengan posisi tidru menghadap ke atas. Dalam tantangan tersebut followers diajak untuk mengeksplorasi benda-benda yang ada di dalam rumah untuk dijadikan sebagai objek foto.

Pada akhir acara, panitia akan mengumumkan foto-foto terbaik dan terfavorit dari #FlatlayChallenge maupun 40 karya yang selama 12 hari dipajang pada laman instagram @aksarasa2020.

“Kami ingin menjadikan penugasan selama satu semester mata kuliah Fotografi ini bermakna. Melalui Aksa Rasa, kami menjadikan acara ini sebagai sarana hiburan, informasi, dan edukasi mengenai dunia fotografi,” kata Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., Ph.D selaku dosen Ilmu Komunikasi UNAIR dan penanggung jawab mata kuliah Fotografi.

Penulis: Intang Arifia

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu