Tren Beban Penyakit Rongga Mulut dari Tahun 1990 Hingga 2017

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh CNN Indonesia

Pemerintah dan organisasi nonpemerintah membutuhkan perkiraan nasional dan global tentang epidemiologi deskriptif penyakit rongga mulut untuk perencanaan dan evaluasi kebijakan. Tujuan komponen studi dari Global Burden of Disease ini adalah untuk menghasilkan estimasi pada  kejadian lama mupun baru dari kasus ronga mulut, maupun estimasi lama hidup dengan kecacatan untuk kondisi rongga mulut, dari tahun 1990 hingga 2017 berdasarkan jenis kelamin, usia, dan negara. Selain itu, studi ini juga melaporkan pola pengaruh kondisi sosioekonomi global terhadap beban penyakit rongga mulut dengan menggunakan standar klasifikasi ekonomi dari Bank Dunia serta Indeks demografi dan social dari beban penyakit secara global. 

Temuan menunjukkan bahwa kondisi rongga mulut di populasi tetap menjadi tantangan besar di bidang kesehatan. Secara global, terdapat 3,5 miliar kasus dari kondisi kelainan rongga mulut, di antaranya 2,3 miliar memiliki karies (kasus gigi berlubang) yang tidak diobati pada gigi permanen, 796 juta memiliki kasus periodontitis parah, 532 juta memiliki karies yang tidak diobati pada gigi sulung, 267 juta memiliki total kehilangan gigi, dan 139 juta memiliki kondisi mulut lainnya pada tahun 2017. Beberapa pola muncul ketika klasifikasi ekonomi dari Bank Dunia dan Indeks Sosio-demografis digunakan sebagai indikator pembangunan ekonomi. Secara umum, negara-negara yang lebih berkembang secara ekonomi memiliki beban terendah pada karies gigi yang tidak diobati dan periodontitis parah sementara beban tertinggi berasal dari total kehilangan gigi.

Temuan ini menawarkan kesempatan bagi pembuat kebijakan untuk mengidentifikasi strategi kesehatan mulut yang sukses dari berbagai wilayah ataupun negara lain; memperkuat strategi dalam mengatasi permasalahan rongga mulut; memperkenalkan dan memantau peningkatan kasus penyakit mulut; merencanakan integrasi kesehatan mulut dalam agenda untuk pencegahan penyakit tidak menular; serta memperkirakan biaya penyediaan asuransi untuk perawatan gigi.

Penulis: Ninuk Hariyani, drg., M.Kes., MPH., PhD.

Link terkait tulisan di atas: https://journals-sagepub-com.proxy.library.adelaide.edu.au/doi/full/10.1177/0022034520908533

Bernabe E, Marcenes W, Hernandez CR, et.al. Global, Regional, and National Levels and Trends in Burden of Oral Conditions from 1990 to 2017: A Systematic Analysis for the Global Burden of Disease 2017 Study. Journal of Dental Research. 2020, Vol. 99(4) 362–373. DOI: 10.1177/0022034520908533

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu