Keperawatan Mind Body Spiritual Kendalikan Protein Berefek Negatif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh as com

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia. Lebih dari 3 juta kematian disebabkan oleh PJK dan diperkirakan akan naik 23,3 juta kematian pada tahun 2030. Penyakit jantung koroner ditandai dengan terbentuknya plak aterosklerosis (buntuan pada pembuluh darah akibat proses peradangan dan tumpukan lemak), yang menimbulkan gangguan peredaran darah. Plak ini juga bisa pecah dan menimbulkan bekuan darah atau trombus yang menutup sebagian atau seluruh pembuluh darah, sehingga timbul gejala nyeri dada bahkan sampai kematian akibat serangan jantung.

Selain pengobatan dengan bahan kimiawi, ada keperawatan komplementer (pelengkap) yang terbukti menghambat proses pembentukan plak aterosklerosis dan juga menghambat proses peradangan, sehingga ukuran plak tidak membesar dan plak tidak mudah pecah, atau dengan kata lain mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Intervensi tersebut adalah asuhan keperawatan mind-body spiritual. Asuhan keperawatan ini diberikan oleh perawat kepada penderita penyakit jantung koroner. Adapun intervensi ini meliput kombinasii latihan nafas dalam, berzikir, berdoa, dan keterampilan mengelola stress.

Intervensi tersebut terbukti dapat meningkatkan spiritualitas penderita penyakit jantung coroner, yang ditandai dengan peningkatan kesabaran, ikhtiyar dan tidak berputus asa, serta kepasrahan terhadap kehendak Tuhan atas penyakitnya. Intervensi komplementer tersebut juga terbukti mengendalikan beberapa zat dalam tubuh yang memiliki dampak negatif atau dengan kata lain meningkatkan terbentunya plak, yaitu protein yang berperan dalam menebalkan plak aterosklerosis. Dengan demikian, sangat penting bagi perawat dan tenaga kesehatan lain untuk membantu penderita penyakit jantung koroner mendapatkan asuhan keperawatan komplementer berupa asuhan mind-body spiritual ini, karena kemudahan melakukan dan dari segi ekonomis tidak membutuhkan biaya. 

Penulis: Ninuk Dian Kurniawati

Informasi hasil riset dapat dibaca di: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/6607 Ninuk Dian Kurniawati, Nursalam Nursalam. 2020. Mind-body-spiritual nursing care effects on spirituality and cardiovascular risk markers. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Vol 24, No 7.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).