UNAIR Gelar Kompetisi Internasional Bertema Lawan Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Sebagai  dukungan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di dunia, Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar kompetisi internasional bertajuk Airlangga Flatten the Curve Competition (AFCC) 2020. Jenis kompetisi yang diselenggarakan meliputi lomba menulis esai, lomba desain poster, dan lomba video. Deadline pengumpulan tanggal 5 Juni 2020. Penjurian 5-17 Juni 2020. Serta, pengumuman pemenang pada tanggal 15 Juni 2020.

Dalam kompetisi AFCC 2020, peserta dapat memilih tiga sub-tema berbeda, yaitu kampanye pencegahan Covid-19, membangun optimisme di masa pandemi, dan kegiatan produktif dalam masa pembatasan sosial. Para peserta diminta untuk dapat mengampanyekan perilaku hidup sehat serta ragam aktifitas positif yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 dengan sekreatif mungkin.

Total, terdapat 72 peserta dari mahasiswa dari 25 negara yang mengikuti kompetisi AFCC 2020. Setelah melalui tahap seleksi dan penilaian terhadap 82 karya yang masuk, UNAIR akhirnya mengumumkan pemenang lomba AFCC 2020 pada Senin (15 Juni 2020). Juri dari kompetisi AFCC 2020 di antaranya Ketua Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga, Suko Widodo; Ketua Airlangga Global Engagement (AGE), Dian Ekowati; dan Koordinator Pascasarjana sekaligus dosen kajian media dari Curtin University, Thon Kerr.

Pelaksanaan AFCC merupakan salah satu usaha Universitas Airlangga untuk mendukung program #stayathome serta tetap produktif di rumah. Harapannya, UNAIR dapat membantu menekan persebaran Covid-19 dengan mendukung pembuatan kampanye kreatif di media sosial oleh para mahasiswa internasional yang tersebar di seluruh dunia,” terang Dian Ekowati selaku juri lomba esai AFCC 2020.

Selain itu, lanjut dia, AFCC merupakan komitmen UNAIR dalam mendukung usaha internasionalisasi institusi pendidikan tinggi di tengah pandemi Covid-19. Melalui kesempatan ini, AGE UNAIR juga mengimbau masyarakat untuk menghindari keramaian, selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan mematuhi protokol kesehatan sebagai usaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pemenang AFCC 2020 merupakan mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan S1 dan S2 di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Berikut adalah nama-nama juara pertama lomba AFCC 2020. Kategori lomba video pendek berhasil dimenangkan oleh Faith Fore mahasiswa UNAIR yang berasal dari Zimbabwe. Kategori lomba esai  dimenangkan oleh Ang Genevieve dari Singapore University of Social Science. Begitupula untuk kategori lomba poster, juga dimenangkan oleh mahasiswa Singapore University of Social Science bernama Bernice Teo. Daftar lengkap sepuluh besar pemenang masing-masing kategori lomba dapat dilihat di situs AGE UNAIR: https://global.unair.ac.id/2020/06/16/afcc-2020-announcement/ .*

Penulis: Zanna Afia

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).