Determinan Kualitas Kehidupan Kerja Perawat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi kerja perawat. (Sumber: Joss)

Dimensi kerja manusia telah mendapatkan keunggulan signifikan dengan fokus khusus pada kualitas kehidupan kerja keperawatan. Padahal, kualitas kehidupan kerja keperawatan dianggap kurang penting di dunia kerja. Ada banyak fasilitas perawat di tempat kerja yang tidak mendukung perawat dalam menjalankan tugasnya. Bahkan, tujuan QNWL dirancang untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan dukungan karyawan. Oleh karena itu, kebijakan layanan kesehatan diperlukan untuk memahami kebutuhan perawat dan membuat rencana strategis untuk meningkatkan kualitas layanan.

Cara untuk mencapai kinerja perawat yang optimal adalah dengan meningkatkan kualitas lingkungan kerja perawat. Ada empat dimensi yang mempengaruhi kualitas kehidupan kerja perawat, yaitu dimensi kehidupan kerja-rumah di mana hubungan pengalaman hidup perawat di tempat kerja dan kehidupan rumah. Dimensi desain pekerjaan dimana kebutuhan akan pekerjaan, seperti kepuasan kerja, beban kerja, dan motivasi kerja. Dimensi ketiga adalah konteks kerja yang terkait dengan lingkungan di tempat kerja dan aspek dunia kerja, yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial seperti persepsi atau pandangan orang. Tujuan kehidupan kerja yang berkualitas adalah untuk mengembangkan kondisi kerja terbaik bagi karyawan dan kesehatan ekonomi organisasi.

Penelitian menunjukkan bahwa praktik yang tepat mengarah pada kualitas kehidupan kerja yang sehat dalam organisasi perawatan kesehatan dapat berkontribusi pada hasil positif lainnya untuk institusi, penyedia layanan kesehatan, dan pasien. Praktik tersebut juga dapat meningkatkan ukuran produktivitas seperti pengurangan biaya dan peningkatan kualitas, peningkatan komitmen organisasi, kepuasan pasien yang lebih tinggi. Misalnya, kualitas layanan yang tinggi dilaporkan sebagai salah satu konsekuensi positif dari QNWL yang tinggi.

Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan beberapa penentu kualitas kehidupan kerja yang diselidiki dalam beragam studi, termasuk bidang pemasaran, ilmu perilaku, psikologi, manajemen kesehatan, dan sebagainya. Meskipun demikian, hasil studi antara dan di dalam bidang bervariasi, karena tidak ada rumusan kualitas kehidupan kerja yang diterima secara global. QWL semakin peduli untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pekerjaan. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas kehidupan kerja keperawatan dalam beragam studi seperti pengalaman bertahun-tahun, tingkat pendidikan, pendapatan bulanan, dukungan sosial, lingkungan kerja, status kesehatan, tingkat stres, keterampilan perawat. Selain mengetahui faktor-faktor tersebut, penting untuk mengenali dan mengakses faktor pembatas untuk meningkatkan QNWL.

Namun, indikator lingkungan kerja memiliki pengaruh kuat dan positif pada kualitas kehidupan kerja keperawatan di seluruh studi. Di antara lingkungan kerja, sumber daya keuangan adalah penentu kualitas kehidupan kerja keperawatan yang paling konsisten dan terkuat. Ada bukti bahwa faktor sosiodemografi perawat mempengaruhi kualitas kehidupan kerja mereka dengan pengalaman bertahun-tahun.

Namun, kekuatan dan arah efek pada kualitas kehidupan kerja keperawatan bervariasi. Berbagai efek ini dapat menunjukkan bahwa faktor sosiodemografi tidak hanya mempengaruhi kualitas kehidupan kerja keperawatan, mereka dapat memainkan peran moderat dan mediasi dalam hubungan antara penentu layanan kesehatan dan kualitas kehidupan kerja keperawatan. dalam hal ini, variabel yang berhubungan dengan orang harus dipertimbangkan sebagai prediktor potensial kepuasan pasien dan perancu dalam penelitian yang sama untuk mengontrol peran mereka dalam hubungan yang benar antara determinan dan kepuasan pasien.

Keragaman definisi konseptual kualitas kehidupan kerja keperawatan menghasilkan pengukuran yang beragam dan tidak memadai. Juga, beberapa tindakan tidak dapat menangkap semua pengalaman perawat dengan lingkungan kerja. Oleh karena itu, disarankan bahwa mempekerjakan populasi spesifik atau menetapkan instrumen spesifik dan valid dengan pertanyaan terbuka untuk komentar dan keluhan dari perawat akan mengurangi kelemahan. Selain itu, sebagian besar penelitian bersifat crosssectional dan deskriptif, dan hasilnya menghalangi untuk memperkirakan hubungan sebab akibat antara faktor penentu dan kepuasan.

Dengan demikian, ada kebutuhan untuk menggunakan desain studi longitudinal atau eksperimental untuk mendeteksi hubungan sebab akibat yang sebenarnya. Selain itu, studi yang dipilih tidak dapat menunjukkan semua karakteristik potensial yang mungkin memiliki efek pada kehidupan kerja yang berkualitas. Ada kebutuhan untuk studi lebih lanjut tentang bagaimana perbedaan budaya, perilaku, dan sosial-ekonomi mempengaruhi kualitas kehidupan kerja keperawatan dengan kuesioner standar yang dapat disesuaikan dengan kelompok dan negara tertentu untuk perbandingan lebih lanjut.

Penulis: Dluha Maf’ula, Nursalam, Tintin Sukartini

Artikel lengkapnya dapat diakses melalui laman berikut ini:

https://www.psychosocial.com/article/PR270740/18685/

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).