BEM FKG Ajak Mahasiswa Produktif di Rumah dengan Sejumlah Kegiatan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda membuat berbagai menjadi berpikir kreatif dalam menghadapinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengadakan kompetisi, challenge, maupun seminar secara daring.

Merespons hal tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR mengajak seluruh sivitas akademik FKG memaksimalkan kegiatan dari rumah guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan bervariasi, mulai dari challenge, meet up, kompetisi antar sivitas, hingga seminar. Event daring tersebut dapat diikuti oleh seluruh sivitas akademik FKG UNAIR dan juga alumni.

Ahmad Chasina Aula selaku Ketua BEM FKG UNAIR menjelaskan bahwa segala kegiatan tersebut merupakan dukungan untuk mematuhi physical distancing dan di rumah saja. Maka, untuk menjaga produktivitas dan mengatasi rasa bosan, lahirlah program Stovit Impact, Stalk Challange, dan Dentinar.

“Melalui kegiatan positif tersebut, kami mengajak seluruh sivitas akademik FKG untuk turut berpartisipasi melawan Covid-19 bersama-sama. Hal ini juga sebagai upaya untuk tetap produktif, edukatif, dan bermanfaat selama masa pandemi ini,” ungkapnya pada Selasa (2/6/2020).

Lalu, lanjut Sina, untuk kedepanya dilakukan penyesuaian supaya tetap berkontinyu dan fokus sesuai kebutuhan. Salah satunya dalam rangka melawan pandemi ini. Pada intinya, kegiatan yang diselenggarakan adalah sebagai bentuk sarana untuk bisa memberikan manfaat kepada sivitas atau masyarakat secara umum, yang memiliki nilai dan manfaat.

“Selain rapat, kompetisi, seminar, dan challenge, pada bulan Maret-April kemarin kami bersama sivitas FKG telah berbagi rezeki pada pekerja harian terdampak. Program tersebut terlaksana hampir diseluruh provinsi,” imbuhnya.

Sementara itu, Naila Mufidah ketua pelaksana kegiatan Stovit Impact (STOVACT) mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian mahasiswa FKG terhadap minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi. Maka, pihak BEM FKG mengadakan program-program tersebut dengan tujuan mengedukasi masyarakat secara luas.

“Kompetisi antar sivitas FKG UNAIR ini berupa pembuatan konten edukatif yang dapat berupa foto, video, poster, dan sejenisnya. Tema yang diusung adalah pandemi Covid-19, peserta wajib menyertakan sumber yang valid,” jelasnya.

Antusiasme sivitas FKG begitu luar biasa saat mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, lanjut Naila, beberapa alumni juga turut serta, hal tersebut tentunya disambut baik oleh panitia, karena akan membuat hubungan antar angkatan semakin erat.

“Sebagai generasi muda yang memiliki semangat tinggi, kita harus berperan untuk mengedukasi sesama. Utamanya perihal apa yang harus dilakukan selama pandemi dan menjaga kesehatan, maka dari itu mari berkreasi untuk mengedukasi,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, secara tidak langsung menjadi langkah pemutus rantai penyebaran virus. Selain itu, dengan mengkampanyekan protokol kesehatan melalui media sosial dengan hashtag #dirumahsaja yang dikemas dengan kegiatan yang seru, kekinian, dan kreatif. Hal tersebut menjadi inovasi yang dapat mengedukasi secara efektif.

Pesan Sina dan Naila, sebagai generasi muda jangan lelah memberikan contoh yang baik dan berkontribusi untuk masyarakat. Langkah kecilnya dapat dengan memulai berfikir kreatif dan mengkampanyekan di media sosial. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).