Percepatan Pertumbuhan Gonad Ikan Wader Lunjar Padi Rasbora argyrotaenia Melalui Pengkayaan Pakan Dengan Minyak Ikan Lemuru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi ikan wader lunjar padi. (Sumber: Wikipedia)

Ikan Wader Lunjar padi (Rasbora argyrotaenia ) adalah ikan air tawar  khas perairan Indonesia yang  banyak diminati saaat ini, tetapi produksi ikan tersebut diperoleh dari penangkapan di alam (Budiharjo, 2002) sehingga penangkapan terus menerus dapat menyebabkan kepunahan.   Budidaya ikan Wader Lunjar padi dalam beberapa tahun ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat, tetapi masih banyak  permasalahan  yang ditemukan  dalam budidaya Ikan Wader Lunjar Padi  antara lain  ketersediaan benih  dikarenakan fekunditas Ikan Wader Lunjar Padi yang rendah dan jarak waktu reproduksi yang panjang. Hal ini mendorong staf Fakultas Perikanan  dan  mahasiswa  Universitas Airlangga   mengembangkan penelitian untuk  mengatasi permasalahan ketersdiaan benih Ikan Wader Lunjar Padi melalui  peningkatan frekuensi pemijahan.

Dikalangan petani ikan, induk ikan Wader Lunjar padi diberi pakan yang sama dengan pakan budidaya, padahal secara teoritis pakan untuk pertumbuhan dan pakan untuk reproduksi bila gizinya berbeda.  Salah satunya  upaya  yang mudah untuk memenuhi gizi induk ikan Lunjar Padi adalah memenuhi kebutuhan utama untuk pembentukan telur yaitu asam lemak. Modifikasi/pengkayaan pakan komersil  dengan minyak ikan lemuru  menjadi solusi yang mudah dan cepat untuk memperbaiki reproduksi ikan wader Lunjar padi.

Pakan  komersil yang digunakan dalam budidaya ikan wader memiliki kadar lemak 5-8% (Manurung, 2011), kadar lemak tersebut masih dibawah kadar lemak yang dibutuhkan oleh ikan wader yaitu berkisar antara 5-15%.   Pengkayaan ikan lemuru  memiliki potensi untuk  meningkatkan performa reproduksi ikan Wader Lunjar padi. Minyak ikan lemuru banyak tersedia dan harganya relatif murah karena merupakan olahan limbah pengolahan ikan sarden. Minyak ikan lemuru mengandung banyak Omega-3 dan Omega-6 yang dibutuhkan oleh ikan untuk meningkatkan  pertumbuhan dan perkembangan gonad.

Hasil penelitian kami menemukan bahwa  penambahan  minyak ikan lemuru    sebanyak  4%  dalam pakan komersil sehingga total lemaknya menjadi  10 % mempercepat  perkembangan gonad induk siap memijah hingga 60%.  Hasil penelitian ini akan membangun optimisme  ketersedian benih  ikan Wader Lunjar Padi  untuk kebutuhan budidaya. Peningkatan produksi budidaya akan menurunkan eksplorasi alam, sehingga populasi di alam dapat dipertahankan. (*)

Penulis: Laksmi Sulmartiwi

Tulisan selengkapnya dapat dilihat pada :

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/441/1/012047/meta

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu